Sukses

Hoaks Seputar Bentrokan Pulau Rempang, Simak Kumpulannya Biar Tak Terprovokasi

Kumpulan hoaks seputar bentrokan di Pulau Rempang.

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Rempang sempat menjadi sorotan atas bentrokan antara aparat keamanan dan masyarakat sekitar yang disebabkan oleh sengketa lahan. Peristiwa tersebut pun diikuti oleh hoaks yang dapat menimbulkan kegaduhan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks seputar kerusuhan di Pulau Rempang, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar bentrokan di Pulau Rempang.

Video Tank dan Pasukan Bersenjata Situasi Pulau Rempang Siap Tempur

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video situasi Pulau Rempang siap tempur, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 September 2023.

Klaim video situasi Pulau Rempang tank dan pasukan bersenjata siap tempur menampilkan sejumlah orang mengenakan baju loreng hijau dan helm membawa senjata laras panjang berlari di antara bangunan dan diiringi dengan tank yang sedang berjalan serarah orang tersebut. Salah satu dari tank tersebut terdapat tulisan "MARINIR".

Dalam video tersebut juga terlihat baliho seorang wanita mengenakan baju puti kerudung merah dan seorang lelaki mengenakan jas berserta dasi dan mengenakan tutup kepala hitam.

Pada baliho tersebut terdapat tulisan yang terbaca "Hj. EVA DWIANA".

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"REMPANG BERGOLAK

"SITUASI REMPANG SIAP TEMPUR TNI/POLRI VA RAKYATTNI/POLRI (Anjing peliharaan komunis)

VS

RAKYAT (yang mempertahankan hak mereka yg dirampok Pengusaha komunis)

JIHAAAAD SAUDARAKU...!!"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Rempang bergejolak😢😢

Rempang menjadi harga mati untuk pemerintah walaupun Penduduk Melayu Asli Rempang menjadi korbannya..Apakah ini yg di bilang untuk Rakyat.? Presiden kini mulai blak blakan tentang kericuhan yg terjadi di Rempang.Beliau mengatakan sudah komunikasi, tapi sesungguhnya beliau sedang menindas habis habisan Masyarakat Rempang, tentu ada kaitannya dgn kemenangan salah Satu Paslon Capres dari partai yg sama.. mereka sengaja menarik investor dari cina Agar merai keuntungan besar dalam hal ini Agar bisa memuluskan figur mereka lolos menjadi presiden agar posisi mereka tetap Aman.😡"

Benarkah klaim video situasi Pulau Rempang tank dan pasukan bersenjata siap tempur? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Situasi di Depan DPR Terkait dengan Pulau Rempang

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video situasi di depan gedung DPR terkait Pulau Rempang, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 September 2023.

Unggahan klaim video situasi di depan gedung DPR terkait Pulau Rempang menampilkan tiga tayangan, salah satunya adalah tayangan tentang pemberitaan sejumlah orang sedang berkumpul terdapat tulisan "Pulau Rampang Bergejolak" dan "SITUASI TERKINI DI DEPAN GEDUNG DPR RI".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Pulau rempang bergejolak

#saverempang

#RempangMelawan

#pasangan

#aniesbaswedan

#ganjarpranowo

#prabowosubianto"

Benarkah klaim video situasi di depan gedung DPR terkait Pulau Rempang? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

3 dari 4 halaman

Video Pengiriman Kendaraan Perang ke Daerah Konflik Pulau Rempang

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kendaraan perang dikirim ke daerah konflik Pulau Rempang, informasi tersebut diunggah salah akun Facebook, pada 16 September 2023.

Unggahan klaim video kendaraan perang dikirim ke daerah konflik Pulau Rempang menampilkan kendaraan mengangkut tank sedang terparkir kemudian berjalan.

Dalam video tersebut juga terlihat sejumlah orang mengenakan seragam bermotif loreng hijau.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "HEBOH TRUCK BAJA MEMENUHI PARIKIRAN PELABUHAN MERAK"

"NGGA TAU MAU DIKIRIM KEMANA DAN UNTUK DIPAKAI ACARA APA...?"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kendaraan perang di pelabuhan merak???

Apakah mau nyebrang ke Sumatra??

Habis itu ke daerah konflik.

Ujung ujungnya Pulau Rempang.

Jika diharuskan, gw setuju jika Sumatra kepingin merdeka."

Benarkah klaim video kendaraan perang dikirim ke Pulau Rempang? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini