Sukses

Didominasi Politik, Simak Kumpulan 6 Hoaks yang Beredar Sepekan

Hoaks seputar politik dan kesehatan yang beredar sepanjang pekan

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com telah mendapati sejumlah hoaks dengan beragam kemasan. Kondisi ini harus diwaspadai sebab dapat menyesatkan jika dipercaya.

Penemuan hoaks tersebut setelah dilakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial selama satu pekan, mulai dari seputar politik hingga seputar kesehatan.

Untuk mengetahui apa saja hoaks tersebut, simak kumpulannya dalam daftar berikut.

1. Video Megawati Resmi Pasangkan Ganjar dengan Mahfud MD

Video yang diklaim Megawati Soekarnoputri resmi menduetkan Ganjar Pranowo dengan Menko Polhukam Mahfud MD sebagai pasangan bakal capres-cawapres pada Pilpres 2024 beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 16 September 2023.

Video berdurasi 11 menit 5 detik itu menampilkan gambar thumbnail beberapa tokoh politik, di antaranya Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo, Ganjar Pranowo, dan Mahfud Md.

Dalam gambar itu Ganjar mengenakan kemeja PDIP sedangkan Mahfud memakai setelan jas berwarna hitam. Keduanya tampak mengenakan kalung bunga, seakan-akan telah diresmikan sebagai pasangan capres-cawapres.

"BREAKING NEWS!!

TIDAK MAU JADI TUMBAL POLITIK

PDIP RESMIKAN PASANGAN GANJAR-MAHFUD MD DI PILPRES 2024," demikian narasi dalam video tersebut.

"Sah PDIP Tidak Mau Jadi Tu-mb-al Politik, Megawati Resmi Pasangkan Ganjar-Mahfud MD," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook telah 5.100 kali ditonton dan mendapat 25 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu Megawati resmi menduetkan Ganjar dengan Mahfud Md sebagai pasangan bakal capres-cawapres? Simak dalam artikel berikut ini...

 

2. Foto Anies Baswedan Menjadi Pastor

Penelusuran kalim foto Anies Baswedan menjadi pastor,

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Anies Baswedan menjadi pastor, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 September 2023.

Unggahan klaim foto Anies Baswedan menjadi pastor menampilkan Anies Baswedan mengenakan benda seperti selendang putih berdiri sejajar di antara sejumlah orang, dengan layar belakang benda berbentuk salib.

Pada foto berikutnya terlihat Anies sedang menulis pada benda dengan latar belakang benda berbentuk salib.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"PASTOR GEREJA MENJADI IMAM MAHDI, NAMANYA ANIS BASW EDAN"

Benarkah klaim foto Anies Baswedan menjadi pastor? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

3. PDIP Resmi Tunjuk Ahok Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim PDIP menunjuk Ahok sebagai pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 10 September 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Breaking News: Kabar Mengejutkan dari PDIP

Ahok resmi dampingi Ganjar untuk lawan Anies di 2024."

Postingan itu juga disertai narasi:

"TAK DI SANGKA MEGAWATI USUNG AHOK DAMPINGI GANJAR UNTUK LAWAN ANIES DU 2024."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim PDIP menunjuk Ahok sebagai pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024? Simak hasil penelusurannya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Foto SBY dan AHY Duduk di Depan Baliho Bernarasi 'Koalisi Perubahan Nasib'

<p>Cek fakta foto SBY-AHY di depan baliho.</p>

Beredar di media sosial postingan foto SBY dan AHY sedang duduk di depan baliho dengan narasi "Koalisi Perubahan Nasib". Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 September 2023.

Dalam unggahannya terdapat foto SBY dan AHY sedang duduk di depan baliho. Baliho itu bertuliskan:

"Dicari Capres Yang Butuh Cawapres. Hub segera Koalisi Perubahan Nasib"

Akun itu menambahkan narasi:

"HARI GINI MEMANG LAGI SUSAH CARI KERJA"

Lalu benarkah postingan foto SBY dan AHY sedang duduk di depan baliho dengan narasi "Koalisi Perubahan Nasib"? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

5. WEF Perintahkan Tulis Ulang Alkitab Gunakan AI

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) perintahkan Alkitab ditulis ulang menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Klaim WEF perintahkan Alkitab ditulis ulang menggunakan AI berupa tulisan sebagai berikut.

"WEF Perintahkan Pemerintah Untuk MELARANG Alkitab dan menerbitkan Versi 'Fact-checked' Tanpa Tuhan

Forum Ekonomi Dunia telah meminta kitab suci agama untuk "ditulis ulang" oleh kecerdasan buatan untuk menciptakan "Alkitab baru yang global."

Yuval Noah Harari, yang menjabat sebagai tangan kanan Klaus Schwab di WEF, berpendapat bahwa Alkitab adalah "berita palsu" dan penuh dengan ujaran kebencian, dan para elit dapat menggunakan Al untuk menggantikan Alkitab dan menciptakan "agama bersatu yg sebenarnya benar.

---

Klub "Mata Hitam"Meskipun tidak secara resmi merupakan organisasi, ini mengacu pada semakin banyak politisi, selebriti, elit bisnis dan kepala negara yang secara tiba² dan misterius mengembangkan mata hitam.

Ini adalah apa yang dilakukan 1% orang super kaya ketika ditinju di wajah?..

---

Replika 🐍 sudah ada di antara kita, dan setiap hari semakin banyak...Mereka muncul entah dari mana, tiba², tanpa diduga.Mereka menunjukkan lidah mereka - simbolisme tersembunyi untuk menandai wilayah mereka. Segera Anda akan melihat mereka di mana-mana...

https://www.bitchute.com/video/XChXVr7n73DC/"

Benarkah klaim WEF perintahkan Alkitab ditulis ulang menggunakan AI? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

6. Bill Gates Memasukkan Racun pada Makanan Berlabel Rainforest Alliance Certified

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Bill Gates memasukkan racun pada makanan berlabel Rainforest Alliance Certified, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 September 2023.

Unggahan klaim Bill Gates memasukkan racun pada makanan berlabel Rainforest Alliance Certified, menampilkan video makanan yang berlabel Rainforest Alliance Certified, mulai dari pisang, teh, kopi, coklat, wafer, sabun dan es krim.

Label tersebut berupa gambar katak dengan tulisan "Rainforest Alliance Certified" yang melingkarinya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"BigPh4rm4, industri kimia, dan perusahaan yang didirikan oleh tuan senj4t4 biologis Bill G4tes telah menambahkan berbagai r4cun ke dalam makanan yang membuat orang sakit. Rainforest Alliance adalah perusahaan yang didanai Bill Gates yang menjamin makanan tersebut dengan labelnya sendiri.

https://rumble.com/v2y8u76-bioweapon-mrna-in-foods.html"

Benarkah klaim Bill Gates memasukkan racun pada makanan berlabel Rainforest Alliance Certified? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini