Sukses

Cek Fakta: Waspada Hoaks Promosi Metode Pelangsing Catut Nama Okky Lukman dan Profesor Gizi IPB

Beredar kembali postingan metode penurunan berat badan mencatut nama profesor gizi IPB, Dr Ir Hardinsyah dan selebriti Okky Lukman

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kembali postingan metode penurunan berat badan mencatut nama profesor gizi IPB, Dr Ir Hardinsyah dan selebriti Okky Lukman. Postingan itu muncul sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 6 September 2023.

Berikut isi postingannya:

"Hai, saya Okky Lukman, saya adalah ahli gizi Ir. Hardinsyah. Beliau bertugas untuk membantu saya menurunkan berat badan saya.Metodologi beliau telah dicoba dan disetujui oleh banyak tokoh terkenal yang telah mencapai hasil yang mengesankan. Saya Okky Lukman yang menjadi duta dari formula beliau.Dengan bantuan formulanya yang sukses, saya berhasil menghilangkan berat badan saya untuk selamanya tanpa harus melakukan diet yang melelahkan dan latihan yang melelahkan.Jangan lewatkan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang formula penurunan berat badannya yang unik.Cukup klik "Selengkapnya" dan temukan cara baru untuk menjadi langsing dan sehat."

Lalu benarkah postingan metode penurunan berat badan mencatut nama profesor gizi IPB, Dr Ir Hardinsyah dan selebriti Okky Lukman?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel bantahan berjudul "Cek Fakta: Hoaks Profesor Gizi IPB Promosikan Obat Pelangsing" yang tayang di Liputan6.com pada 4 September 2023.

Dalam artikel itu terdapat bantahan dari Profesor Gizi IPB, Dr Ir Hardinsyah yang dimuat di Detik.com pada 15 Juli 2023.

"Pelaku mempromosikan foto wajah Prof Dr Ir Hardinsyah MS, menggunakan berbagai jenis baju yang bisa berbicara bagaikan video promosi, merekomendasikan penggunaan obat pelangsing dengan teks yang kami copy dari laman Facebook seperti terlampir yang sesungguhnya tidak benar," ujar Prof Hardinsyah dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (15/7/2023).

"Prof Hardinsyah tidak pernah melakukan hal tersebut, juga tidak pernah diwawancara ataupun diajak untuk bekerjasama. Dalam promosi tersebut juga dinyatakan jabatan saya di IPB dan PERGIZI PANGAN Indonesia. Teman-teman saya yang sudah memesan produk, dikarenakan tidak mengetahui menginformasikan kepada saya bahwa produk Bernama 'OPTI FIT' dengan harga Rp 780.000, diskon 50 persen," katanya menambahkan.

Lebih lanjut, pihaknya juga sudah melaporkan ke Humas IPB terkait promosi ilegal yang dilakukan brand tersebut. Humas IPB pun mengambil langkah dan meminta Facebook dan Instagram untuk menyetop promosi berita bohong itu.

"Saya sangat khawatir jika dibiarkan, tidak hanya merugikan nama baik saya dan lembaga saya tapi juga menimbulkan kerugian bagi masyarakat atas kebohongan ini," katanya."

Selain itu penelusuran pada akun Instagram resmi Okky Lukman, @okidatanglagi yang sudah bercentang biru atau terverifikasi juga tidak ditemukan promosi serupa.

Beberapa kali hoaks seperti ini juga muncul dengan mencatut nama selebriti lain dan juga pejabat negara.

Sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6824367/viral-obat-pelangsing-rekomendasi-profesor-gizi-ipb-dipastikan-hoax-ini-faktanya

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5387993/cek-fakta-hoaks-profesor-gizi-ipb-promosikan-obat-pelangsing?page=2

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan metode penurunan berat badan mencatut nama profesor gizi IPB, Dr Ir Hardinsyah dan selebriti Okky Lukman adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini