Sukses

Ahok dan Anies Jadi Bahan Hoaks Diangkat Pimpin Lembaga Negara, Simak Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar pengangkatan pemimpin lembaga negara beredar di media sosial mulai dari ketua KPK hingga menteri. Kondisi ini harus diwaspadai sebab dapat menimbulkan persepsi yang salah jika mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pengangkatan pemimpin lembaga negara, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut daftar hoaks seputar pengangkatan pemimpin lembaga negara.

Presiden Jokowi Lantik Anies Baswedan Jadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Presiden Jokowi menunjuk Anies Baswedan menjadi Menkominfo menggantikan Johnny G Plate. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul:

"JOKOWI LANTIK ANIES BASWEDAN GANTIKAN POSISI JHONNY G PLATE"

Di dalam video terdapat narasi sebagai berikut:

"Keputusan Mutlak Jokowi, sah Anies Baswedan gantikan posisi G Plate??"

Video itu dilengkapi dengan foto Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin yang sedang bersalaman dengan Anies Baswedan.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Presiden Jokowi menunjuk Anies Baswedan menjadi Menkominfo menggantikan Johnny G Plate? Simak hasil penelusurannya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Jokowi Lantik Ahok Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara

Sebuah video yang diklaim Presiden Jokowi melantik Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 3 Juni 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "UPDATE TERKINI RESMI DI LANTIK HARI INI AKHIRNYA AHOK DIPERCAYA PIMPIN NUSANTARA".

Video berdurasi 10 menit 22 detik itu menampilkan gambar thumbnail Presiden Jokowi dan Ahok yang tengah bersalaman. Jokowi terlihat mengenakan setelan jas berwarna hitam dan Ahok mengenakan seragam Gubernur berwarna putih.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Jokowi telah melantik Ahok sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara.

"resmi di Lantik hari ini, presiden menunjuk ahok untuk pimpin IKN," tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.600 kali ditonton dan mendapat 7 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu Presiden Jokowi melantik Ahok sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Video Ahok Dilantik Jokowi Jadi Ketua KPK

Sebuah video yang diklaim Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dilantik Presiden Jokowi jadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 Mei 2023.

Video berdurasi 13 menit 44 detik itu menampilkan gambar thumbnail yang menampilkan acara pelantikan pejabat negara di Istana Negara. Terlihat Jokowi sedang melantik Ahok. Narasi dalam video tersebut bertuliskan bahwa Ahok dilantik Jokowi jadi ketua KPK.

"BERITA TERBARU

DILANTIK JADI KPK YANG BARU

SUMPAH & JANJI AHOK LANTANG UNTUK NKRI," demikian narasi dalam video tersebut.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar Ahok dilantik Jokowi jadi ketua KPK yang baru.

"Ah0k Dil4nt1k Sump4h & Janj1nya Mengge1egar Untuk Ind0nesia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1,1 juta kali ditonton dan mendapat 7.100 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video tersebut Ahok dilantik Jokowi jadi Ketua KPK yang baru? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini