Sukses

Pondok Pesantren Jadi Sasaran Hoaks, Simak Daftarnya

Berikut kumpulan hoaks seputar pondok pesantren

Liputan6.com, Jakarta- Pondok Pesantren kerap dijadikan bahan hoaks dengan mengaitkan peristiwa yang sedang terjadi, hal ini tentu dapat menimbulkan keresahan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menedapati sejumlah hoaks yang mencatut nama pondok pesantren, setelah melakukan penelusuran dengan memastikan dari sumber kredibel.

Agar tidak menjadi korban hoaks, bisa dilakukan dengan mengenali hoaks yang beredar di tengah masyarakat.

Berikut kumpulan hoaks seputar pondok pesantren.

Video Perempuan Khutbah Salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video perempuan khutbah salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 24 Mei 2023.

Klaim video perempuan khutbah salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun berupa seorang wanita naik ke atas mimbar kemudian mengucapkan kalimat takbir dan berbicara menyapa peserta yang hadir.

Berikut narasinya:

"Masyarakat kabupaten Berau, kaum muslimin dan muslimat yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Puji sukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk menjalain dan menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan dan saatnya merayakan hari kemenangan".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Apabila Islam di Permainkan.. 🔥🔥

Al Zaytun.. sesat menyesatkan.. !!!

Al zaytun viral.. dan kebuka boroknye sejak beredarnye ini 👇🏽 video rekaman Sholat ied di Ponpes Al Zaytun.

mulai dari tata cara sholat.. yg shafnya berjarak lbh dr 1 meter.. lbh dr rentangan kedua blh tangan... pake kursi lg di samping masing2 sajadah.. dan juga Khotib khutbahnya seorg wanita.. 🤦🏽‍♀️🔥😤

——

Inilah Cara halus mereka merusakkan Islam. Pemikiran Liberal tanpa mempedulikan halal haram di dalam Islam. Mereka ditaja dan sesungguhnya ada hidden hand di belakang organisasi seperti ini. Pesantren yang membawa imej menyeleweng dan mengelirukan (sesat)."

Benarkah klaim video perempuan khutbah salat Id di Pondok Pesantren Al Zaytun? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Wanita Jadi Khatib Salat Jumat di Ponpes Al Zaytun

Sebuah video yang diklaim seorang wanita menjadi khatib saat Salat Jumat di Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu channel YouTube pada 12 Mei 2023.

Video berdurasi 1 menit itu memperlihatkan seorang wanita berbusana putih sedang berbicara di atas mimbar. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar seorang wanita menjadi khatib Salat Jumat di Ponpes Al Zaytun.

"Viral Khutbah Jum'at Dipimpin Oleh Wanita Di ponpes Al-Zaytun," tulis salah satu channel YouTube.

Konten yang disebarkan channel YouTube tersebut telah 26 ribu kali ditonton dan mendapat 134 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu seorang wanita memimpin khutbah saat solat jumat di Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat? Simak hasil penelusurannya dalam artikel berikut ini...

 

3 dari 4 halaman

Foto Ponpes Alquran Kebakaran, 26 Santri dan Guru Meninggal Dunia

 Sebuah foto yang diklaim pondok pesantren (ponpes) Alquran terbakar hingga menyebabkan 26 santri dan guru meninggal dunia beredar di media sosial.

Foto tersebut disebarkan situs info-sekilas.net dengan judul artikel "Innalillahi Wa Inna Ilaikhi Raji'un Mohon Bantuan Dan Do'anya Pesantren Alquran Terba4kar, 26 Santri Dan Dua Guru T3w4s Terp4ngg4ng" yang dimuat pada 29 Oktober 2021.

Dalam foto tersebut, terlihat bangunan gedung 3 lantai mengalami kebakaran. Tampak juga petugas pemadam tengah menyemprotkan air di titik api. Selain itu, terlihat juga asap hitam mengepul di lokasi kebekaran.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan peristiwa ponpes Alquran kebakaran hingga mengakibatkan 26 santri dan guru meninggal dunia.

Benarkah foto tersebut menggambarkan peristiwa ponpes Alquran kebakaran hingga mengakibatkan 26 santri dan guru meninggal dunia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini