Sukses

Ganjar Pranowo Jadi Sasaran Hoaks, Simak Daftarnya

Ganjar Pranowo menjadi salah satu Capres yang menjadi bahan hoaks belakangan ini. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Ganjar Pranowo menjadi salah satu Capres yang menjadi bahan hoaks belakangan ini. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Ganjar Pranowo terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Wapres Ma'ruf Amin Puji Ganjar Pranowo Mirip Utsman bin Affan

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Wapres Ma'ruf Amin memuji Ganjar Pranowo mirip Utsman bin Affan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 8 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul "Ma'ruf Puji Ganjar Mirip kekhalifahan Ustman bin Affan blusukan bagi sembako rajin sholat".

Akun itu menambahkan narasi "Mulut kalo sdh di atur oleh isi perut, maka yg keluar dr mulut sama dg kotoran yg keluar dr isi perut. Btw utsman gk doyan ngebok*p "

Lalu benarkah postingan yang mengklaimWapres Ma'ruf Amin memuji Ganjar Pranowo mirip Utsman bin Affan? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Foto Ganjar Pranowo Sedang Mencium Maria Ozawa

Beredar di media sosial postingan foto yang diklaim Ganjar Pranowo sedang mencium Maria Ozawa. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Ganjar Pranowo yang diklaim sedang mencium Maria Ozawa.

Foto tersebut disertai narasi "Ganjar - Maria Ozawa, Petugas Partai Pemain Bokep, Budak Megawati, Boneka Cina dan Boneka Olilarki"

Akun tersebut menambahkan narasi "Calon presidennya indonesia, Klo aku sih NO"

Lalu benarkah postingan foto yang diklaim Ganjar Pranowo sedang mencium Maria Ozawa? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Cover Majalah Tempo dengan Foto Ganjar Pranowo Bernarasi "Merah Darahku, Putih Tulangku, dan Biru Filmku"

Beredar di media sosial postingan cover Majalah Tempo dengan foto Ganjar Pranowo bernarasi merah darahku, putih tulangku dan biru filmku. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 27 April 2023.

Akun itu mengunggah gambar cover Majalah Tempo berjudul "Kawan Dalam Selimut". Postingan itu disertai dengan foto Ganjar Pranowo dan bernarasi "merah darahku, putih tulangku dan biru filmku".

Akun itu menambahkan narasi "Biru filmku"

Lalu benarkah postingan cover Majalah Tempo dengan foto Ganjar Pranowo bernarasi merah darahku, putih tulangku dan biru filmku? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.