Sukses

Cek Fakta: Hoaks Wapres Ma'ruf Amin Puji Ganjar Pranowo Mirip Utsman bin Affan

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Wapres Ma'ruf Amin memuji Ganjar Pranowo mirip Utsman bin Affan.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Wapres Ma'ruf Amin memuji Ganjar Pranowo mirip Utsman bin Affan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 8 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul "Ma'ruf Puji Ganjar Mirip kekhalifahan Ustman bin Affan blusukan bagi sembako rajin sholat".

Akun itu menambahkan narasi "Mulut kalo sdh di atur oleh isi perut, maka yg keluar dr mulut sama dg kotoran yg keluar dr isi perut. Btw utsman gk doyan ngebok*p "

Lalu benarkah postingan yang mengklaimWapres Ma'ruf Amin memuji Ganjar Pranowo mirip Utsman bin Affan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto itu diunggah oleh Wartaekonomi.co.id pada 6 April 2023 pukul 22.39 WIB.

Namun dalam artikel asli berjudul "Di Hadapan Wapres, Ganjar Pranowo Beberkan Ada Temuan Khusus"

Berikut isi artikelnya:

"Warta Ekonomi, Jakarta - Rangkaian kunjungan kerja Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Jawa Tengah, diakhiri dengan meninjau Mal Pelayanan Publik Kota Semarang, di Lantai 2 Terminal Mangkang. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo turut mendampingi selama kunjungan tersebut.

Ganjar mengatakan, ada temuan khusus yang ia dapati saat mendampingi Wapres. Yakni tingkat kunjungan masyarakat di MPP Kota Semarang yang rendah.

“Sepinya ada dua indikator. Indikator pertama belum tersosialisasikan, indikator kedua memang masyarakat di Kota Semarang yang menggunakan jasa mal pelayanan publik sudah paham betul tentang penggunaan digital,” kata Ganjar, seusai Wapres Ma’ruf bertolak kembali ke Jakarta.

Ganjar mengatakan, jika keberadaan MPP di Kota Semarang tidak terlalu efisien, maka akan didorong perubahannya ke arah digitalisasi.

“Artinya kelak kemudian hari jangan-jangan Kota Semarang itu akan jauh lebih cepat proses digitalisasinya. Sehingga semua bisa melihat dari peralatan dan gadget yang mereka miliki itu jauh lebih cepat,” tegasnya.

Mantan anggota DPR RI itu mengatakan, kondisi itu sebenarnya sesuai dengan wacana MPP Digital yang disampaikan oleh Kementerian PAN RB.

“Inilah yang Pak Menpan menyampaikan pada kita semua, bahwa ya proses berikutnya tidak hanya Mal Pelayanan Publik, tapi pasti digital yang mesti diinternalisasi dalam sistem yang ada,” ujarnya.

Terlepas dari itu, Ganjar menyampaikan apresiasi kunker Wapres Ma’ruf Amin di Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin dalam konferensi pers berharap, target seluruh kabupaten kota terdapat MPP, dapat terwujud.

“Dan pagi ini saya melihat juga MPP dalam rangka mempermudah pelayanan, yang kita target di tahun 2024 seluruh kabupaten kota sudah punya MPP, ini semua dalam rangka percepatan itu,” kata Wapres.

Sebagai informasi, MPP Kota Semarang mulai beroperasi pada akhir 2022 lalu. Peresmian MPP Semarang dilakukan Wapres Ma’ruf, serentak dengan 25 MPP lainnya, pada 5 Desember 2022.

Sebelumnya pada Senin (3/4) kemarin, Wapres juga meresmikan Pembukaan Jateng Halal Fair (JHF) 2023, serta menyaksikan Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di kawasan Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang."

Sumber:

https://wartaekonomi.co.id/read491797/di-hadapan-wapres-ganjar-pranowo-beberkan-ada-temuan-khusus

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim Wapres Ma'ruf Amin memuji Ganjar Pranowo mirip Utsman bin Affan adalah tidak benar. Faktanya judul dalam artikel itu adalah hasil editan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini