Sukses

Hoaks Terkini Pembagian Hadiah, dari Mobil Mewah sampai Uang Puluhan Juta

Berikut kumpulan hoaks seputar pembagian hadiah yang beredar di medsos.

Liputan6.com, Jakarta - Pembagian hadiah menjadi salah satu informasi yang ditemukan di media sosial atau medsos, namun sebaiknya kita tidak langsung mempercayainya sebelum memastikan kebenarannya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pembagian hadiah yang beredar di media sosial, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks pembagian hadiah yang beredar di medsos.

Toyota Bagikan Hilux untuk THR Lebaran dengan Tebak Nomor di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Toyota sedang membagikan THR lebaran yakni mobil Hilux dengan cara menebak nomor di Facebook. Postingan itu beredar sejak tengah pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 April 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar mobil Toyota Hilux dengan deretan nomor dan disertai narasi:

"Untuk lebaran tahun ini belum ada yang menemukan nomor selain 694. belum ada pemenang baru Toyota. Masih ada 5 Pemenang THR lebaran yang tersisa."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Toyota sedang membagikan THR lebaran yakni mobil Hilux dengan cara menebak nomor di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jusuf Hamka Bagikan Uang Rp 54 Juta dengan Cara Tebak Nama Kota di Facebook

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang hingga Rp 54 juta dengan menebak nama kota di Facebook. Postingan itu beredar sejak dua pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 April 2023.

Dalam postingannya terdapat video bergambar Jusuf Hamka dengan narasi sebagai berikut:

"Sampai saat ini belum ada yang bisa susun nama kota diatas Yang susun cepat dan benar bpak transfer 54 jt gratis dari Bpak"

Dalam kolom komentar akun itu menambahkan narasi "Informasi yang sedang perlu bantuan ekonomi bayar utang dan pingin mendapatkan modal usaha bisa tekan link di bawah ini.👇👇👇wa me:https://wa.me/6285609705714"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang hingga Rp 54 juta dengan menebak nama kota di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini...

3 dari 4 halaman

Toyota Bagikan Mobil Alphard dengan Menebak Nomor di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Toyota sedang membagikan mobil Alphard dengan cara menebak nomor di Facebook. Postingan ini beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 25 April 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar mobil Toyota Alphard dengan deretan nomor dan disertai narasi:

'Sampai sekarang, belum ada yang menemukan nomor lain selain 702 dan belum ada pemenang baru Toyota Alphard. Ada sisa 4 Toyota Alphard baru untuk dimenangkan."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Toyota sedang membagikan mobil Alphard dengan cara menebak nomor di Facebook? Simak hasil penelusurannya di sini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.