Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Hujan Cacing sampai Gunung Meletus

Berikut kumpulan hoaks yang beredar sepekan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang beredar di media sosial semakin beragam, mulai dari isu dalam negeri hingga luar negeri. Keberadaan kabar bohong ini harus diwaspadai sebab dapat menyesatkan.

Agar tidak tersesar oleh hoaks sebaiknya kita lebih jeli ketika menerima informasi, yaitu dengan memastikan kebernaran informasi yang didapat terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi yang viral di media sosial dalam sepekan, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks yang beredar sepekan.

1. Video Hujan Cacing di China

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video hujan cacing di China, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Maret 2023.

Unggahan klaim video hujan cacing di China berupa video berdurasi 0.43 detik, awalnya menampilkan sejumlah video mobil yang diparkir di bahu jalan depan bangunan dan terdapat benda panjang hitam di sekirar mobil tersebut hingga sebagian menutupi mobil.

Cuplikan video tersebut pun berubah dengan menampilkan benda panjang bergerak pada permukaan tanah.

Dalam video tersebut terdapat narasi sebagai berikut.

"Fenomena hujan aneh terjadi di Beijing China warga di Ibu Kota negara tirai bambu tersebut terkejut karena tiba-tiba turun hujang cacing, hingga kini belum diketahui sumber fenomena tersebut, warga Beijing pun merasa bingung dengan fenomena itu.

Laman El Elardo melaporkan bahwa penduduk Beijing mendapat pengumuman saat hendak meninggalkan rumah, dalam cuplikan berita terlihat warga kota menjalankan rutinitas sehari-harinya dengan membawa payung agar tidak terkena ulat yang berjatuhan."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hujan Cacing di Beijing Cina. ..."

Benarkah klaim video hujan cacing di China? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

2. Kartun The Simpsons Prediksi Kebangkrutan Silicon Valey Bank

Kabar tentang kartun The Simpsons memprediksi kebangkrutan Silicon Valey Bank beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 Maret 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video kartun The Simpsons berdurasi 33 detik. Pada awal klip, terdapat ilustrasi dari kantor Silicon Valey Bank.

Kemudian pada klip selanjutnya memperlihatkan sejumlah orang tengah mengantre di depan teller bank. Kemudian mereka berebut untuk menarik uang dari bank, namun pada adegan tersebut diperlihatkan kerusuhan terjadi setelah para nasabah tidak dapat menarik uang mereka.

"The Simpson's again??…," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 36 kali direspons dan mendapat lima komentar dari warganet.

Benarkah dalam video klip itu kartun The Simpsons memprediksi kebangkrutan Silicon Valey Bank? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3. 64 Menteri Jokowi Terlibat Kasus Pencucian Uang

Kabar tentang 64 menteri kabinet Presiden Jokowi terlibat kasus pencucian uang dan telah dipecat secara tidak hormat beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook pada 15 Maret 2023 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "UPDATE TERKINI ISTANA BERGEJOLAK 64 MENTERI DI PECAT, TERLIBAT KASUS PENCUCIAN UANG".

Pada video berdurasi 10 menit 18 detik itu menampilkan gambar thumbnail Presiden Jokowi yang tengah memimpin upacara pengambilan sumpah jabatan untuk menteri.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa 64 menteri Jokowi terlibat kasus pencucian uang dan mereka semua dipecat secara tidak hormat.

"VIRAL ~ 64 menteri terl1bat k4sus pencuc1an uang, Jokowi p3cat secara t1dak terh0rmat semua nya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 543 kali direspons dan mendapat 143 komentar dari warganet.

Benarkah kabar 64 menteri kabinet Presiden Jokowi terlibat kasus pencucian uang dan dipecat secara tidak hormat?Simak hasil penelusurannya di sini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Berikutnya

4. Pembagian Token Gratis PLN dengan Unduh Aplikasi Tertentu

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada pembagian token gratis dari PLN dengan cara mengunduh aplikasi tertentu. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 6 Maret 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar berjudul "Aplikasi Token PLN Gratis". Lalu ada narasi "aplikasi subsidi token PLN 2023 kuota terbatas dan hanya untuk hari ini, instal untuk mendapatkannya".

Lalu akun itu menambahkan narasi "Jangan Sampai Gak kebagian Ya"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada pembagian token gratis dari PLN dengan cara mengunduh aplikasi tertentu? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini...

 

5. Pesan Berantai Polri Minta Masyarakat Unduh Aplikasi Surat Tilang

Beredar melalui aplikasi percakapan pesan berantai mengklaim Polri meminta masyarakat mengunduh aplikasi untuk surat tilang. Pesan berantai ini beredar sejak awal pekan ini.

Dalam pesan berantai yang beredar terdapat narasi sebagai berikut:

"Selamat siang pak/ibu

Kami dari kepolisian menginformasikan bahwa bapak/ibu melakukan pelanggaran, silakan buka aplikasi untuk melihat surat tilangnya.

Jika suratnya sudah dibaca silakan segera datang ke kantor polisi yang terdekat."

Pesan berantai itu disertai link berformat APK yang bisa diunduh.

Lalu benarkah pesan berantai mengklaim Polri meminta masyarakat mengunduh aplikasi untuk surat tilang? Simak hasil penelusurannya di sini..

 

6. Video Terkait Erupsi Gunung Merapi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video terkait erupsi Gunung Merapi. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Maret 2023.

Klaim video terkait korban erupsi Gunung Merapi menampilkan suasana lingkungan dengan langit kelabu dan terdapat debu di udara dan pasir di jalan.

Sejumlah orang sebagian besar kalangan ibu dan anak menaiki kendaraan roda empat bak terbuka yang terdapat tulisan "PASIRIAN 02".

Dalam video tersebut terlihat wajah masyarakat yang cemas juga terdengar suara tangisan dan suara orang mengajak menaiki kendaraan tersebut dengan bahasa Jawa.

"DOA KAMI ERUPSI GUNUNG MERAPI

#Gunungmeletus #Gunungmerapi #Meletus #berita #viral #reels #gunung #Magelang #Jateng #DIY #terbaru"

Benarkah klaim video terkait erupsi Gunung Merapi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.