Sukses

Fakta-Fakta Marcel Sabitzer, Penggawa Anyar Manchester United

Meski berstatus pemain pinjaman di Manchester United, Marcel Sabitzer diproyeksikan menggantikan Cristian Eriksen yang mengalami cedera dan harus absen hingga akhir 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) akhirnya merekrut gelandang Marcel Sabitzer pada bursa transfer Januari 2023. Pemain berusia 28 tahun asal Austria itu didatangkan dari klub Bayern Munchen.

Meski berstatus pemain pinjaman, Sabitzer diproyeksikan menggantikan Cristian Eriksen yang mengalami cedera dan harus absen hingga akhir 2023 mendatang.

Dalam transfernya, tak ada opsi maupun kewajiban untuk membeli Marcel Sabitzer secara permanen pada kesepakatan antara MU dan Bayern Munchen.

Bintang MU, Bruno Fernandes angkat bicara soal kedatangan Marcel Sabitzer di timnya. Pemain timnas Portugal itu menyebut, Sabitzer memiliki kualitas bagus.

Ia mengaku, pernah berhadapan langsung dengan Sabitzer di Liga Champions. Jadi, ia tahu tahu betul kualitas yang dimiliki sang gelandang.

"Sebenarnya saya punya ingatan yang kurang baik mengenai pertandingan itu karena mereka menyingkirkan kami dari Liga Champions. Namun saya bisa bilang bahwa Marcel Sabitzer adalah pemain yang bagus," ujar Fernandes kepada MUTV.

"Dia adalah gelandang yang sangat bagus. Ia bisa menendang dari luar kotak penalti dan ia mampu menciptakan gol-gol yang bagus."

Fernandes menilai, Sabitzer akan memainkan peran yang penting di timnya. Sang gelandang, kata dia, bakal membantu MU untuk melangkah maju ketika Eriksen mengalami cedera.

"Dia (Sabitzer) memberikan kami lebih banyak opsi di lini tengah ketika Christian Eriksen) cedera," beber Fernandes.

"Kami sangat senang memiliki pemain sepertinya di tim kami. Saya rasa ia akan banyak membantu kami dan saya rasa ia berada dalam kondisi yang sangat fit saat ini," tutup Fernandes.

Berikut fakta-fakta dari Mercel Sabitzer rekrutan baru Manchester United.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karier Profesional

Marcet Sabitzer mengawali karier profesionalnya sebagai pemain sepak bola dari klub Admira Wacker Modling. Dilansir dari transfermarkt.co.id, selama di Admira Wacker Modling, Sabitzer tampil sebanyak 52 kali dengan mencatatkan 10 gol dan 8 assist.

Pada 2013, Marcel Sabitzer direkrut Rapod Vienna. Selama semusim, ia tampil di 57 pertandingan dengan mencetak 12 gol dan 8 assist.

Sabitzer kemudian melanjutkan peruntungan di Jerman bersama RB Leipzieg pada 2014. Ketika itu, ia dikontrak selama empat tahun. Selanjutnya, ia menjalani masa peminjaman ke klub Austria, RB Salzburg pada 2015.

Di sana, penampilan Sabitzer pun sangat baik. Dari 51 penampilan, Sabitzer berhasil mencatatkan 27 gol dan 21 assist. Saat kembali ke RB Leipzieg pada 2015-2016, Sabitzer sukses mengemas 8 gol dari 34 pertandingan pada musim tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Tampil Apik di RB Leipzieg

RP Leipzieg pun memutuskan memperpanjang kontraknya hingga 2021. Selama di RB Leipzieg, Sabitzer total mencatatkan 229 kali penampilan, 52 gol, dan 42 assist.

Raksasa Jerman, Beyern Munchen pun tertarik dengan aksi Sabitzer dan merekrutnya pada musim panas 2021. Ketika itu, Sabitzer dikontrak hingga 2025.

 

4 dari 4 halaman

Dianggap Belum Memuaskan di Bayern Munchen

Ketika itu, Bayern Munchen merekrut Sabitzer dari RB Leipzieg dengan harga 15 juta euro. Namun, penampilannya di Bayern Munchen dianggap belum memuaskan. 

Dia kesulitan bersaing dengan Joshua Kimmich di lini tengah. Dari 54 penampilan, Sabitzer hanya mencetak dua gol dan dua assist. Kini, ia dipinjamkan ke Manchester United hingga akhir musin 2022-20223.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.