Sukses

Cek Fakta: Hoaks Polytron Sumbangkan Kulkas Lewat Facebook

Beredar kabar hoaks Polytron menyumbangkan kulkas lewat akun Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang produsen barang elektronik, Polytron menyumbangkan kulkas beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut nama Polytron, yakni Polytron Indonesia.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi informasi bahwa Polytron tengah menyumbangkan kulkas kepada 200 orang secara acak.

Warganet yang ingin mendapat kulkas tersebut diminta untuk mengklik sebuah tautan. Ketika diklik, tautan itu mengarah ke sebuah situs.

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan menyumbangkan KULKAS yang tidak dapat dijual karena sedikit goresan dan kerusakan ringan, semua berfungsi dengan baik, jadi kami akan kirim secara acak kepada 200 orang yang mengetik warna pavorit contoh "Hitam". Sampai 15 oktober!semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga

Silahkan kunjungi � https://bit.ly/polytrongift2022 untuk validasi entri Anda !" tulis akun Facebook Polytron Indonesia.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.400 kali ditonton dan mendapat 962 komentar warganet.

Benarkah Polytron menyumbangkan kulkas lewat akun Facebook? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Polytron menyumbangkan kulkas lewat akun Facebook. Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun media sosial resmi yang dikelola Poytron, yakni akun Instagram @polytronindo.

Pada akun Instagram @polytronindo tidak ditemukan unggahan berisi informasi bagi-bagi atau sumbangan kulkas kepada masyarakat.

Penelusuran juga dilakukan dengan mengunjungi situs resmi dari Polytron, yakni polytron.co.id. Pada situs resmi itu, tidak ditemukan adanya informasi dari pihak Polytron menyumbangkan kulkas lewat akun Facebook.

Beberapa waktu lalu, PR Representative Marketing Department Polytron Indonesia, Shasa Eva Marisah mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah membagikan atau menyumbangkan kulkas dan TV lewat akun Facebook. Bahkan ia memastikan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

"Itu hoaks," kata Shasa kepada Liputan6.com, Kamis 1 September 2022.

Shasa menambahkan, Polytron Indonesia tidak memiliki program bagi-bagi TV dan kulkas gratis lewat Facebook.

"Tidak ada bagi-bagi," ucap Shasa.

 

Referensi:

https://polytron.co.id/

https://www.instagram.com/polytronindo/?hl=id

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi Polytron menyumbangkan kulkas lewat Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, Polytron Indonesia tidak memiliki program menyumbangkan kulkas.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.