Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Orang dalam Video Ini Tersambar Sinar Gamma

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video orang tersambar sinar gamma, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 September 2022.

Unggahan klaim video orang tersambar sinar gamma menampilkan sejumlah orang berdiri di bawah pohon kemudian muncul cahaya kilat dibagian daun. Kemudian sekelompok orang tersebut berjatuhan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Teknologi digital sinar cahaya Gamma X-Ray buatan globalist antek-antek anti-KRISTUS d a ja l meniru seperti kilat petir buatan TUHAN.

Sinar cahaya gamma X-Ray [kilat petir] tersebut sensitif menyambar orang-orang yang mengandung unsur graphene AI digital [unsur energi listrik_ elektromagnetik]😪"

Benarkah klaim video orang tersambar sinar gamma? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video orang tersambar sinar gamma dengan menangkap video tersebut untuk dijakdikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

<p>Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video orang tersambar sinar gamma</p>

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya adalah artikel berjudul "Struck by lightning, 4 men in Gurugram live to tell their tale | WATCH VIDEO" yang dimuat situs indiatoday.in, pada 12 Maret 2021. 

Situs indiatoday.in mengulas video yang sama dengan klaim.

<p>Penelusuran klaim video orang tersambar sinar gamma</p>

Situs indiatoday.in menyebutkan, Petir menyambar empat staf hortikultura insiden itu terjadi di Vatika Signature Villas di Gurugram Sektor 82 di Haryana pada Jumat sore.

Empat staf hortikultura yang bekerja di Vatika Signature Villas memutuskan untuk berteduh di bawah pohon.

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "India: After a lightning bolt, 4 people were struck" yang dimuat situs thedailyguardian.net, artikel situs tersebut menyebutkan dalam video yang disiarkan, terlihat bahwa guntur menghantam pohon, dan dalam hitungan detik orang-orang muda kehilangan kesadaran dan jatuh ke tanah.

Salah satunya kehilangan nyawanya Akibat sambaran petir di pohon.

 

Sumber:

https://www.indiatoday.in/cities/gurugram/story/haryana-gurugram-lightning-strike-struck-death-thunderbolt-video-1778715-2021-03-12

https://thedailyguardian.net/india-after-a-lightning-bolt-4-people-were-struck/

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim video orang tersambar sinar gamma tidak benar.

Dalam video tersebut menampilkan petir menyambar empat orang yang sedang berteduh dari hujan di Vatika Signature Villas di Gurugram Sektor 82 di Haryana.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.