Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pos Indonesia Salurkan Subsidi dari Pemerintah Rp 4 Juta dengan Isi Kuesioner

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Pos Indonesia salurkan subsidi Rp 4 juta dari pemerintah dengan mengisi kuesioner, informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim Pos Indonesia salurkan subsidi Rp 4 juta dari pemerintah dengan mengisi kuesioner berupa tautan sebagai berikut.

"http://b8y10r.cn/posindonesiax/tb.php?aufdyksz1662702360381"

Kemudian mengarah pada halaman situs yang berisi informasi sebagai berikut.

"ūüéČPos Indonesia National government subsidies!ūüé䬆 ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬†

11 September, 2022

Congratulations!

Pos Indonesia National government subsidies!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 4000000 Rupiah ."

Benarkah klaim Pos Indonesia salurkan subsidi Rp 4 juta dari pemerintah dengan mengisi kuesioner? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Pos Indonesia salurkan subsidi Rp 4 juta dari pemerintah dengan mengisi kuesioner, dalam situs resmi PT Pos Indonesia posindonesia.co.id terdapat tulisan "Klarifikasi Pos Indonesia Terkait Informasi Hoax tentang Program Hadiah".

Situs posindonesia.co.id menyebutkan, beberapa waktu terakhir beredar link atau tautan melalui aplikasi pesan dan media sosial berisi informasi yang mengatasnamakan PT Pos Indonesia (Persero) mengenai program hadiah.

Saat ini Pos Indonesia tidak memiliki program hadiah sebagaimana disampaikan pada informasi diatas dan disampaikan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah tidak benar atau HOAX.

Corporate Secretary PT Pos Indonesia (Persero) Tata Sugiarta mengatakan bahwa Pos Indonesia saat ini tidak memiliki program hadiah sebagaimana disampaikan oleh link yang saat ini beredar dan dinyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar.

Pos Indonesia menghimbau masyarakat untuk tidak mengklik tautan tersebut dan tetap berhati-hati akan informasi yang tersebar luas pada aplikasi pesan dan media sosial yang mengatasnamakan Pos Indonesia

Berita dan informasi resmi terkait dengan Pos Indonesia hanya disampaikan melalui website resmi www.posindonesia.co.id, dan melalui media sosial Instagram @posindonesia.ig, twitter @posindonesia dan facebook Pos Indonesia serta bagi masyarakan yang ingin memastikan segala informasi tentang Pos Indonesia bisa menghubungi Pos Call 1500161

"Seluruh program hadiah atau campaign yang diselenggarakan secara resmi oleh Pos Indonesia selalu disampaikan melalui website resmi dan akun media sosial official Pos Indonesia serta bisa melakukan konfirmasi langsung ke Pos Call 1500161." ujar Tata.

Sumber:

https://www.posindonesia.co.id/id/artikel/detail/172/klarifikasi-pos-indonesia-terkait-informasi-hoax-tentang-program-hadiah

3 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Pos Indonesia salurkan subsidi Rp 4 juta dari pemerintah dengan mengisi kuesioner tidak benar.

Seluruh program hadiah atau campaign yang diselenggarakan secara resmi oleh Pos Indonesia selalu disampaikan melalui website resmi dan akun media sosial official Pos Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.