Sukses

IMCD 2022 Diharapkan Dorong Warga Gunakan Internet Secara Cerdas

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi akan menggelar acara Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2022 bersama Eureka Edutech pada 27 Agustus mendatang. Acara ini akan diselenggarakan secara langsung di Jakarta International Stadium (JIS) dan juga melalui virtual Zoom Meeting.

Tujuan dari acara tersebut adalah untuk mendorong warga Indonesia untuk lebih menggunakan internet dan juga platform digital secara cerdas. Dan juga guna meningkatkan kemampuan kognitif terlebih untuk mengindentifikasi berita bohong serta dampak negatif dari internet.

Direktur PT Edukasi Rekanan Anda (Eureka Edutech), A.C. Mahendra K. Datu, mengatakan target mereka adalah bisa mencapai peserta sebanyak 5.000-70.000. Hal ini juga memperhatikan kasus COVID-19 masih terpantau terkendali jelang penyelengaraan.

Menurutnya, untuk membangun kesadaran masyarakat dalam digitalisasi membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Tetapi, dengan adanya IMCD ini diharapkan setidaknya membuka kesadaran bagi peserta tentang pentingnya literasi digital untuk masyarakat.

IMCD juga diharapkan bisa meningkatkan kecakapan masyarakat dalam digitalisasi serta memanfaatkan platform untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri. Hal ini sejalan dengan empat pilar literasi digital: cakap, etika, keamanan, dan juga budaya digital.

“Ini bisa dibuat dalam bentuk pesta rakyat, dalam bentuk fun. Setidaknya orang hari itu belajar bahwa ‘oh,kalau saya memakai internet, saya bisa dagang atau UMKM’ atau kaya ‘Kalau saya memakai fintech atau aplikasi perbankan, saya harus hati-hati karena ada unsur ketidakamanan internet,” katanya dalam konfersi pers di Jakarta, Jumat (5/8).

Rangkaian dari acara IMCD bisa diikuti oleh semua masyarakat umum, terutama DKI Jakarta, Banten, dan sekitarnya. Masyarakat bisa melakukan pemesanan tiket melalui Jaklingko yang akan dibuka dalam waktu dekat.

Sementara untuk masyarakat yang ingin mengikuti secara daring, pendaftaran sudah dibuka melalui situs info.literasidigital,id atau s.id/regimcdjis.

Hinggis Leonanda/Universitas Multimedia Nusantara

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS