Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Dampak Tsunami Tonga sampai ke Tokyo

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video dampak tsunami Tonga sampai ke Tokyo. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Januari 2022.

Unggahan klaim video dampak tsunami Tonga sampai ke Tokyo menampilkan aliran air diantara bangunan, air tersebut membuat sejumlah kendaraan terdorong dan benda lainnya terdorong, sejumlah orang pun berlarian ke arah ditempat yang lebih tinggi.

Dalam cuplikan lain video menampilkan sejumlah benda mengapung terseret derasnya aliran air.

Pada video terdapat tulisan

"Dampak tsunami tonga sampai ke tokyo japan 15/01/2022"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Dampak Tsunami Tonga sampai ke Tokyo Jepang"

Benarkah klaim video dampak tsunami Tonga sampai ke Tokyo? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video dampak tsunami Tonga sampai ke Tokyo dengan menggunakan Google Image.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video dampak tsunami Tonga sampai ke Jepang

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya berjudul "「わ・す・れ・な・い」最新作、3.11に災害情報はどう機能したのかを検証" yang dimuat situs thetv.jp, pada 10 Maret 2020.

Situs thetv.jp memuat foto yang identik dengan video.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video dampak tsunami Tonga sampai ke Jepang

Situs thetv.jp memeberi keterangan foto tersebut merupakan situasi saat gempa dan tsunami melanda Negara Bagian Iwate dan Kamaishi, pada  3 November 2011.

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berujudul "Il terribile video dello tsunami che devastò il Giappone nel 2011" yang dimuat situs news.fidelityhouse.eu, pada 19 Februari 2015.

Situs tersebut memuat video yang identik dengan klaim:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video dampak tsunami Tonga sampai ke Jepang

Situs news.fidelityhouse.eu Pada 11 Maret 2011 gempa bumi, tsunami dan bencana nuklir yang menghancurkan prefektur Miyagi , Iwate dan Fukushima yang menyebabkan lebih dari 18 ribu korban.

 

Sumber:

https://thetv.jp/news/detail/226382/

https://news.fidelityhouse.eu/video-incredibili/il-terribile-video-dello-tsunami-che-devasto-il-giappone-nel-2011-92725.html 

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video dampak tsunami Tonga sampai ke Tokyo tidak benar.

Peristiwa dalam video tersebut merupakan gempa bumi, tsunami dan bencana nuklir yang menghancurkan prefektur Miyagi , Iwate dan Fukushima pada 11 Maret 2011.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.