Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesawat Garuda Indonesia Mendarat Darurat di Iran

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim pesawat Garuda Indonesia melakukan pendaratan darurat di Iran. Postingan itu ramai dibagikan sejak awal pekan kemarin.

Salah satu akun yang mempostingnya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 10 Januari 2022.

Dalam akun tersebut terdapat video berdurasi 36 detik bergambar pesawat Garuda Indonesia dalam posisi darurat sebelum mendarat. Selain itu di dalam video terdapat narasi "Garuda Indonesia Crash Landing di Iran."

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Sekilas Gaspolinfo : Garuda Indonesia melakukan Landing darurat di Iran, meskipun tidak mulus namun pesawat akhirnya berhasil mendarat. #Garudadidadaku"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim pesawat Garuda Indonesia melakukan pendaratan darurat di Iran?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan bantahan dari PT Garuda Indonesia Tbk (Persero). Bantahan itu disampaikan melalui website Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, kominfo.go.id pada 10 Januari 2022.

"PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) membantah kabar pendaratan darurat pesawat Garuda di Iran dan menegaskan bahwa konten yang beredar di media sosial tersebut merupakan hoaks. Seluruh armada pesawat Garuda beroperasi normal, baik untuk penerbangan penumpang maupun kargo," ujar Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Mitra Piranti dilansir laman Kominfo.

"PT Garuda Indonesia tentunya menyayangkan hoaks tersebut, terutama yang berkaitan dengan aspek keselamatan penerbangan. Pihak PT Garuda Indonesia turut mengharapkan masyarakat untuk kiranya lebih bijak dalam menyebarluaskan konten maupun menyikapi informasi yang tidak terbukti kebenarannya," katanya menegaskan.

Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri dengan menggunakan Yandex. Hasilnya video dalam postingan tersebut merupakan video simulasi yang diunggah oleh akun bernama Bopbibun pada 2 Mei 2020 dengan judul "Pendaratan Paling Gila Oleh Pilot Mabuk | XPlane 11"

Cek Fakta pesawat Garuda Indonesia mendarat darurat di Iran.

Lihat video selengkapnya dalam link berikut ini...

Sumber:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/39283/disinformasi-video- pendaratan-darurat-pesawat-garuda-indonesia-di- iran/0/laporan_isu_hoaks

https://www.youtube.com/watch?v=UHS1jiDd-YM

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang mengklaim pesawat Garuda Indonesia melakukan pendaratan darurat di Iran adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.