Sukses

Cek Fakta: Klaim Sampul Majalah Tempo Ini Telah Mengalami Editan

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim sampul majalah Tempo.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim sampul Majalah Tempo berjudul "DI CACI TIDAK TUMBANG DI PUJI TAMBAH NGUTANG". Informasi tersebut diunggah sebuah akun Facebook pada 8 Januari 2021.

Klaim sampul Majalah Tempo berjudul "DI CACI TIDAK TUMBANG DI PUJI TAMBAH NGUTANG" yang diunggak menampilkan tulisan "TEMPO" kemudian pada bagian atas tulisan tersebut terdapat tulisan "UANG SEMIR BEKAS BOS PETRAL\PUISI DAN JURNALISME AMARZAN LOEBIS".

Pada bagian bawah terdapat tulisan "DI CACI TIDAK TUMBANG DI PUJI TAMBAG NGUTANG"

Juga terdapat tulisan:

"JANJI TINGGAL JANJI".

Pada bagian samping tulisan tersebut terdapat wajah seorang yang sedang tersenyum.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"LAGI PIRAL".

Benarkah sampul Majalah Tempo berjudul "DI CACI TIDAK TUMBANG DI PUJI TAMBAH NGUTANG" ? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim sampul Majalah Tempo berjudul "DI CACI TIDAK TUMBANG DI PUJI TAMBAH NGUTANG",  dengan menggunakan Yandex.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim sampul majalah tempo berjudul

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Komentar Rocky Gerung: Kebohongan Pinokio atau Kejujuran Pers?" yang dimuat situs makassar.terkini.id, pada 17 September 2019.

Artikel situs makassar.terkini.id memuat foto sampul majalah Tempo dengan beberapa kesamaan, simak kesamaan tersebut.

Kesamaan tersebut terletak pada warna latarbelakang sampul majalah,  tulisan "TEMPO" kemudian pada bagian atas tulisan tersebut terdapat tulisan "UANG SEMIR BEKAS BOS PETRAL\PUISI DAN JURNALISME AMARZAN LOEBIS".

Pada bagian bawah terdapat tulisan "DI CACI TIDAK TUMBANG DI PUJI TAMBAG NGUTANG"

Juga terdapat tulisan:

"JANJI TINGGAL JANJI".

 

 Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim sampul majalah tempo berjudul

Situs makassar.terkini.id menyebutkan Majalah Tempo edisi 16-22 September 2019 menampilkan ilustrasi wajah Jokowi di samping bayangan menyerupai Pinokio saat berbohong, yakni hidungnya memanjang. Di samping ilustrasi wajah Jokowi, tertulis judul “Janji tinggal Janji”, disertai blurb “Ingkar janji perihal penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi.”

Penelusuran dilanjutkan dengan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Majalah Tempo edisi 16-22 September 2019 ', penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Penjelasan Majalah Tempo Soal Sampul Bergambar Jokowi" yang dimuat situs tempo.co, pada 16 September 2021.

Situs tempo.co mengulas sampul majalah yang sama, dari hasil penelusuran diketahui terdapat sejumlah perbedaan dari sampul majalah yang diunggah.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim sampul majalah tempo berjudul

 Situs tempo.co menyebutkan sampul Majalah Tempo dengan judul Janji Tinggal Janji itu merupakan metafora atas dinamika tersebut, yaitu tudingan sejumlah penggiat antikorupsi bahwa Presiden ingkar janji dalam penguatan KPK.

Sumber:

https://makassar.terkini.id/komentar-rocky-gerung-kebohongan-pinokio-atau-kejujuran-pers/

https://nasional.tempo.co/read/1248507/penjelasan-majalah-tempo-soal-sampul-bergambar-jokowi/full&view=ok

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim sampul Majalah Tempo berjudul "DI CACI TIDAK TUMBANG DI PUJI TAMBAH NGUTANG" tidak benar.

Sampul tersebut telah mengalami sejumlah perubahan, yaitu tambahan judul "DI CACI TIDAK TUMBANG DI PUJI TAMBAH NGUTANG" dan foto seorang yang sedang tersenyum.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.