Sukses

Cek Fakta: Hoaks Cover Majalah Tempo dengan Ilustrasi Jusuf Kalla

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan soal cover majalah Tempo edisi 7-13 Desember 2020 dengan ilustrasi Jusuf Kalla. Postingan ini ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun yang membagikannya bernama Miiela Na. Dia mempostingnya di Facebook pada 9 Desember 2020.

Dalam postingannya terdapat cover majalah Tempo dengan ilustrasi Jusuf Kalla. Selain itu terdapat pula tulisan besar dengan narasi 'Sang Dalang Perusak Bhinneka".

Di bawah tulisan tersebut juga terdapat narasi, "Rekaman suara Danny Pomanto membongkar keterlibatan Jusuf Kalla dalam strategi menjatuhkan wibawa pemerintah Indonesia dan mengamankan jaringan bisnis keluarga. Gerindra disusupi 'HMI Connection' yang pro Habib Rizieq."

Akun tersebut juga menambahkan tuilisan: "Tumben, ada apakah dengan tempo? 🤔 menarik juga cover'nya."

Lalu benarkah majalah Tempo mengeluarkan cover dengan ilustrasi Jusuf Kalla seperti yang tersebar di media sosial?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun resmi majalah Tempo di Twitter, @temponewsroom dan menemukan postingan yang menjelaskan tentang cover itu pada 9 Desember 2020.

Dalam postingannya majalah Tempo mengunggah cover yang sama dengan tulisan hoaks dan menambahkan narasi: "Ini hoax ya tweeps! Nantikan edisi terbaru Majalah Tempo yang terbit setiap hari minggu"

Kami juga mengunjungi laman majalah.tempo.co dan menemukan bahwa cover edisi 7-13 Desember adalah seperti di bawah ini:

Cek Fakta cover majalah Tempo 2

Selain itu ada juga artikel dari cekfakta.tempo.co berjudul "Keliru, Cover Majalah Tempo Berjudul Sang Dalang Perusak Bhinneka" yang tayang 9 Desember 2020. Berikut isi artikelnya:

"Sebuah gambar yang menyerupai cover Majalah Tempo dengan judul "Sang Dalang Perusak Bhinneka" beredar di media sosial dan grup-grup percakapan WhatsApp pada 9 Desember 2020. Di bagian kanan bawah gambar tersebut, tertulis bahwa edisi ini terbit pada 7-13 Desember 2020.

Di bawah judul, terdapat paragraf yang berbunyi: "Rekaman suara Danny Pomanto membongkar keterlibatan Jusuf Kalla dalam strategi menjatuhkan wibawa pemerintah Indonesia dan mengamankan jaringan bisnis keluarga. Gerindra disusupi 'HMI Connection' yang pro Habib Rizieq."

Di atas tulisan "Tempo", tercantum teks yang berbunyi "Maraknya Ideologi Pro Khilafah di Kalangan Birokrasi" dan "Beranikah Polri Tangkap Rizieq Shihab?". Terdapat pula ilustrasi empat pria yang mirip dengan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, penyidik KPK Novel Baswedan, pemimpin FPI Rizieq Shihab, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berdasarkan verifikasi Tim CekFakta Tempo, Majalah Tempo tidak pernah menerbitkan edisi dengan cover yang memuat ilustrasi empat pria yang mirip dengan Jusuf Kalla, Novel Baswedan, Rizieq Shihab, dan Anies Baswedan serta berjudul "Sang Dalang Perusak Bhinneka", termasuk edisi 7-13 Desember 2020.

Di situs Majalah Tempo, majalah.tempo.co, diketahui bahwa Majalah Tempo edisi 7-13 Desember 2020 yang terbit pada 5 Desember berjudul "Outlook Ekonomi 2021: Saatnya Berubah". Di bawah judul, terdapat paragraf yang berbunyi "Pandemi Covid-19 seharusnya jadi momentum mendorong ekonomi hijau. Sektor bisnis mana yang paling siap?".

Adapun dua judul berita dalam edisi tersebut, yang tercantum di atas tulisan "Tempo", adalah "Perang Dinasti Pilkada Serentak" dan "Macetnya Perkara Korupsi Kemenpora". Ilustrasi dalam cover pun memperlihatkan tiga kera dan tiga pria.

Saat dihubungi, Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Wahyu Dhyatmika membantah bahwa cover dengan judul tersebut pernah diterbitkan oleh Majalah Tempo. "Ini saya pastikan hoaks. Tempo tidak pernah menerbitkan cover itu," kata Wahyu pada 9 Desember 2020.

Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, klaim bahwa cover yang berjudul "Sang Dalang Perusak Bhinneka" adalah cover Majalah Tempo edisi 7-13 Desember 2020, keliru. Majalah Tempo tidak pernah menerbitkan edisi dengan cover yang juga memuat ilustrasi empat pria yang mirip dengan Jusuf Kalla, Novel Baswedan, Rizieq Shihab, dan Anies Baswedan tersebut, termasuk edisi 7-13 Desember 2020. Majalah Tempo edisi 7-13 Desember berjudul "Outlook Ekonomi 2021: Saatnya Berubah". Pemimpin Redaksi Majalah Tempo pun telah memastikan bahwa cover tersebut hoaks."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan soal cover majalah Tempo dengan ilustrasi Jusuf Kalla adalah hoaks. Faktanya, cover majalah Tempo edisi 7-13 Desember berjudul "Outlook Ekonomi 2021: Saatnya Berubah."

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.