Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Anies Test Drive Sirkuit Monas

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang test drive Sirkuit Monas. Klaim tersebut berupa video yang diunggah salah satu aku Facebook, pada 13 November 2021.

Klaim video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang test drive Sirkuit Monas yang diunggah menampilkan Anies Baswedan sedang mengendari motor besar kemudian terjatuh.

Pada video terdapat tulisan "Anies Juga ga Kalah Tes Drive Sirkuit Monas"

Unggah tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Got Father Ga Mau Kalah dengan Presiden Joko Widodo !! Pasang aksi Berlaga Prof Naek Moge‼️🤡🤡 Boro Boro bisa finish Jajal Lintasan Tempat Suci Kaumya disepanjang jalan bundaran Monas!! Satu Kali Gass!! GASS POOL Rem Blong Auto Tepar🤡🤡⁉️‼️Ne orang mau ngapain aja ga pernah bawa berkah kalau ga bikin masalah ya bawa musibah✍🏻‼️🤡"

Benarkah klaim video Anies Baswedan sedang test drive Sirkuit Monas? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Anies Baswedan test drive Sirkuit Monas, dengan menggunakan Yandex.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Anies Baswedan test drive Sirkuit Monas

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs salah satunya akun YouTube Tribunews yang memuat video berjudul "Sempat Terjatuh saat Jajal Moge Dishub DKI Jakarta, Anies Baswedan Beri Penjelasan" pada 4 agustus 2018.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Anies Baswedan test drive Sirkuit Monas

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat terjatuh ketika menjajal moge milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

Tribun-Video.com melansir TribunJakarta.com, Kamis(9/8/2018), peristiwa itu terjadi di Monas pada Rabu (8/9/2018) dalam kegiatan apel kesiapan sarana dan prasarana transportasi Dishub DKI Jakarta dalam rangka mendukung Asian Games 2018.

Awalnya dalam video terlihat Anies Baswedan ujuk kebolehan mengendarai motor berkapasitas 1.600 cc.

Dia sempat berputar beberapa kali, tetapi saat hendak turun, Anies jutru hampir terjatuh.

Petugas Dishub yang ada di lokasi pun dengan sigap membantu Anies.

Dari peristiwa itu, Anies mengaku mendapatkan pengalaman baru. "

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel video berjudul "VIDEO: Rekaman Anies Baswedan Jatuh dari Moge Dishub" yang dimuat situs liputan6.com, pada 9 Agustus 2018.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Anies Baswedan test drive Sirkuit Monas

Artikel video situs situs liputan6.com memuat video yang identik dengan klaim, terdapat keterangan sebagai berikut:

"Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan jatuh terguling saat naik moge milik Dishub. Saat itu Anies sedang memimpin apel transportasi Asian Games. Tak kapok, Anies malah mencoba motor dishub jenis lainnya."

 

Artikel berjudul "Anies Baswedan Jatuh Saat Jajal Moge Dishub" yang dimuat situs liputan6.com pada 8 Agustus 2021, menyebutkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin apel kesiapan transportasi selama Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Monas pagi tadi. Setelah membuka apel, dia meninjau jejeran bus dengan stiker dan nuansa Asian Games yang berdampingan dengan motor-motor gede yang menjadi pengawal bus-bus atlet.

Pada kesempatan itu, Anies ikut menjajal motor BMW K 1600 B milik Dinas Perhubungan DKI. Dia mengendarai moge 1600 cc tersebut pelan-pelan dan berputar di sekitar Monas.

 

Sumber:

youtube.com/watch?app=desktop&v=U8vTVGFf1Ws

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Anies Baswedan test drive Sirkuit Monas tidak benar.

Dalam video tersebut Anies ikut menjajal motor BMW K 1600 B milik Dinas Perhubungan DKI setelah apel kesiapan transportasi selama Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Monas

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.