Sukses

Waspada, Hoaks Seputar Perubahan Iklim Rambah Wikipedia Berbagai Bahasa

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran hoaks terkait perubahan iklim dan teori konspirasi telah merambah ke halaman Wikipedia berbahasa asing. Bahkan salah satu artikel berbahasa Inggris terkait perubahan iklim tersebut telah dilihat hingga lebih dari delapan juta kali.

Wikipedia telah diterbitkan dalam lebih dari 300 bahasa yang berbeda, masing-masing konten dapat diedit oleh siapa saja. Sehingga kualitas konten Wikipedia sepenuhnya bergantung pada editor atau sukarelawan yang mengubah isi artikel.

"Ini sangat mengkhawatirkan saya. Inilah mengapa kami membutuhkan lebih banyak orang yang terlibat dalam proyek ini," ujar Ahli Strategi Program Senior Wikimedia Foundation, Alex Stinson dilansir BBC.

Menanggapi permasalahan tersebut, pihak Wikipedia juga menjelaskan bahwa mereka tetap berprinsip bahwa komunitas editor yang harus turun tangan. Wikimedia Foundation tidak bisa melakukan tindakan lebih jauh.

"Yayasan tidak pernah mengintervensi kebijakan editorial secara langsung dan bukan itu yang kami lakukan," kata Stinson.

"Kita perlu mendorong kembali disinformasi ini dalam sains tetapi itu hanya berhasil jika yang melek sains muncul dan menjelaskan dalam bahasa asing tersebut, dalam konteks itu, dan menghadirkan [versi] Wikipedia itu."

Hingga kini hanya Wikipedia berbahasa Inggris saja yang telah memiliki editor lebih dari 40 ribu pengguna tiap bulan. Mereka juga telah memiliki kelompok editor yang dikhususkan untuk topik perubahan iklim, bahkan telah aktif berpartisipasi dan mencari tanda-tanda tulisan bermakna salah di Wikipedia.

(Penulis: Azarine Jovita Halim)

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.