Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar John Cena Meninggal Dunia pada 18 Agustus 2021

Beredar kabar hoaks John Cena meninggal dunia pada 18 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang pegulat WWE, John Cena meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut salah satunya disebarkan akun Facebook Hamodin Panagas pada 18 Agustus 2021.

Akun Facebook Hamodin Panagas mengunggah video berdurasi 19 detik yang berisi beberapa gambar John Cena. Pertama adalah gambar John Cena yang tengah hormat dan terdapat narasi R.I.P 1977-2021.

Pada foto selanjutnya, John Cena tampak tengah terbaring di atas ranjang rumah sakit, matanya ditutup perban dan mulutnya tertancap selang. Gambar selanjutnya tampak aktor Dwayne Johnson tengah berdiri di samping peti mati.

"R.I.P John Cena," tulis akun Facebook Hamodin Panagas.

Video yang disebarkan akun Facebook Hamodin Panagas telah 70 kali ditonton dan mendapat 3 komentar dari warganet. 

Benarkah kabar pegulat WWE, John Cena meninggal dunia pada 18 Agustus 2021? Berikut penelusurannya.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang pegulat WWE, John Cena meninggal dunia. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "john cena meninggal dunia" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "John Cena Jadi Korban Hoaks Meninggal Dunia di TikTok" yang dimuat situs Liputan6.com pada 18 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah unggahan di TikTok tentang John Cena baru-baru ini menarik perhatian khalayak. Pasalnya, pegulat WWE ini digambarkan seperti telah meninggal dunia.

Dalam pantauan Liputan6.com, Rabu (18/8/2021), video yang diunggah oleh pengguna TikTok @bleza16 telah disaksikan hampir 13 juta kali, satu hari sejak diunggah. Selain itu, unggahan ini juga disukai 998 ribu lebih pengguna, dan menuai 30 ribuan komentar.

Di awal video, tercantum foto sang bintang The Suicide Squad dalam nuansa hitam putih. Di sampingnya, disertakan tulisan RIP 1977-2021.

Selanjutnya tampak seakan diadakan upacara pemakaman untuk bintang 44 tahun ini. Termasuk kedua foto John Cena di samping peti mati. Tampak pula foto Dwayne Johnson alias The Rock yang sedang menatap jenazah di peti mati.

Di kolom komentar yang dibanjiri pengguna dari Indonesia, pengguna TikTok terbelah. Ada yang percaya dengan isi video ini, ada pula yang meyakini konten tersebut hoaks.

"Selamat jalan John Cena," tulis seorang pengguna TikTok sambil menyematkan emotikon penuh air mata.

"Woi serius woi idola gua nih," kata yang lain, ditambah dengan emotikon tangisan

"Yang gak percaya kita satu bumi," yang lain menimpali.

Dari penelusuran, unggahan ini ternyata hoaks. Foto seorang pria yang tengah dalam keadaan tak sadar dengan selang di mulutnya, juga pernah disertakan dalam hoaks kematian John Cena pada 2015. Kala itu ia disebut meninggal karena kecelakaan mobil.

Aslinya, John Cena mengalami kecelakaan di Philadelphia, Amerika Serikat, tahun 2012. Diwartakan NBC Philapdelphia kala itu, dalam kecelakaan tak ada yang terluka.

Adapun foto The Rock di samping peti mati, berasal dari potret pemakaman ayahnya, Rocky 'Soul Man' Johnson tahun lalu.

John Cena sendiri tengah mempersiapkan diri untuk berhadapan Roman Reigns di WWE Summerslam 2021. Di Twitter resminya, pria 44 tahun ini tampak tak sabar untuk segera kembali ke arena pertandingan.

"Lima hari lagi SummerSlam," cuitnya pada Senin lalu.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang pegulat WWE, John Cena meninggal dunia pada 18 Agustus 2021 ternyata tidak benar. Faktanya, video yang disebarkan akun Facebook Hamodin Panagas merupakan hasil editan. Isu serupa juga pernah viral pada 2015. Ketika itu John Cena dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakaan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.