Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Ruben Onsu Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Maut pada 9 Juli 2021

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang artis Ruben Onsu meninggal dunia akibat kecelakaan maut pada 9 Juli 2021 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan situs membagikan.xyz.

Situs tersebut mengungah sebuah artikel berjudul "IInnalilahi Wainnaillaihirojiun.....!!! Kabar Duka Ruben Onsu Meninggalkan Dunia, Akibat Keelakan Maut". Artikel tersebut dimuat pada 9 Juli 2021.

Artikel tersebut menampilkan foto Ruben Onsu yang disandingkan dengan foto istri dan kedua anaknya.

Benarkah kabar tentang Ruben Onsu meninggal dunia akibat kecelakaan pada 9 Juli 2021? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang artis Ruben Onsu meninggal dunia akibat kecelakaan maut pada 9 Juli 2021.

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "ruben onsu meninggal dunia" di kolom pencarian situs Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Dikabarkan Meninggal Dunia karena Kecelakaan, Ini Tanggapan Ruben Onsu" yang dimuat situs merdeka.com pada 13 Juli 2021.

Merdeka.com - Kejadian tak menyenangkan kembali menimpa presenter ternama Ruben Onsu. Belum lama ini, suami dari Sarwendah itu diberitakan meninggal dunia karena kecelakaan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

"Innalillahi Wainnalillahi Rajiun! Kabar Duka Ruben Onsu Meninggal Dunia, Akibat Kecelakaan Maut," demikian judul hoaks soal meninggalnya Ruben Onsu yang tersebar di media sosial.

Berita hoaks mengenai artis meninggal dunia belakangan memang santer terdengar. Sebelumnya, Gary Iskak, Wendy Cagur dan Anang Hermansyah juga dihantam hoaks meninggal dunia. Terkait pemberitaan tersebut, mereka diketahui sudah buka suara.

Begitu pula dengan Ruben Onsu. Baru-baru ini, ia memberikan tanggapan soal berita hoaks yang menimpa dirinya.

Presenter berusia 37 tahun ini mengaku tak ambil pusing soal pemberitaan hoaks itu. Hal tersebut tak lain lantaran dirinya sudah biasa menerima berita miring.

"Kalau diberitain jelek udah biasa," ucap Ruben saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (12/7) dikutip dari KapanLagi.com

Kendati demikian, Ruben mengaku bahwa hal itu memang sedikit mengganggu. Pasalnya, kabar soal dirinya meninggal dunia jadi perbincangan di grup Whatsapp keluarganya.

"Jadi cuman yang paling ngeganggu tuh di saudara. Mereka punya grup whatsapp jadi ramai di grup mereka kenal sama saya jadi ngabarin saya," ungkap Ruben.

Dikatakan Ruben lagi, bahwa ada keluarganya yang sampai menangis menelpon dirinya untuk memastikan hoaks tersebut.

"Mereka telpon nangis nangis, saya gak ngomong kan. Ya kalau gak tau banget gak mencari berita sesungguhnya," ujarnya.

Di sisi lain, Ruben berpendapat bahwa kabar soal dirinya meninggal dunia itu menjadi doa panjang umur untuknya.

"Ya buat saya, ini adalah doa yang bagus buat saya jadi doa panjang umur," tukasnya.

 

Referensi:

https://www.merdeka.com/jabar/dikabarkan-meninggal-dunia-karena-kecelakaan-ini-tanggapan-ruben-onsu.html?page=1

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang artis Ruben Onsu meninggal dunia akibat kecelakaan pada 9 Juli 2021 ternyata tidak benar alias hoaks.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: