Sukses

Cek Fakta: Motor Berknalpot Corong dalam Video Ini Bukan untuk Membasmi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video sepeda motor berknalpot corong untuk membasmi Covid-19.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Dunia Davinci, pada 27 Mei 2021. Unggahan klaim video membasmi Covid-19 dengan sepeda motor berknalpot corong ini berupa video sejumlah orang sedang mengangkat satu sepeda motor dengan knalpot berdiameter lebih besar dari yang dikeluarkan pabrikan. Satu sepeda motor berikutnya terlihat tidak diangkat. Kedua mesin sepeda motor tersebut sedang dihidupkan dengan RPM gas tinggi dan menimbulkan suara bising.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Duet Maut Vixion Kenalpot Corong Pembasmi Corona, Covid Minggat Seketika šŸ˜šŸ˜šŸ˜"

Benarkah klaim video motor berknalpot corong untuk membasmi Covid-19? Simak penelurusan Cek Fakta Liputan6.com.

Ā 

** #IngatPesanIbuĀ 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.comĀ menelusuriĀ klaim video motor berknalpot corong untuk membasmi Covid-19 dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video membasmi Covid-19 dengan motor berkenalpot corong

Ā 

Ā 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Viral! Ritual Konyol Tolak Bala Sebelum Balapan ini Diejek Netizen" yang dimuat situsĀ jateng.suara.com padaĀ 25 Mei 2021.

Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim video.

Ā 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video membasmi Covid-19 dengan motor berkenalpot corong

Artikel situsĀ situs jateng.suara.com menyebutkan,Ā puluhan remaja tengah melakukan suatu ritual sebelum balapan. Ritual tersebut diyakini sebagai tolak bala agar ketika balapan sepeda motor selamat.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Viral, Video Para Pemuda Lakukan Ritual Tolak Bala Sebelum Balap Liar" yang dimuat situsĀ gridmotor.motorplus-online.com, pada 26 Mei 2021.

Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim video.

Ā 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video membasmi Covid-19 dengan motor berkenalpot corong

Situs gridmotor.motorplus-online.com menyebutkan,Ā video itu merupakan ritual tolak balak sebelum balapan.

"Sejumlah pemuda melakukan ritual tolak bala biar tidak mengalami kecelakaan saat bertanding balapan," tulis akun tersebut.

Sumber:

https://gridmotor.motorplus-online.com/read/292711572/viral-video-para-pemuda-lakukan-ritual-tolak-bala-sebelum-balap-liar?page=2

https://jateng.suara.com/read/2021/05/25/155352/viral-ritual-konyol-tolak-bala-sebelum-balapan-ini-diejek-netizen?page=1

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video motor berknalpot corong untuk membasmi Covid-19 tidak benar.

Puluhan remaja dakam video tersebut tengah melakukan suatu ritual sebelum balapan. Ritual tersebut diyakini sebagai tolak bala agar ketika balapan sepeda motor selamat.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut