Sukses

Ponpes Nurulhuda Cibojong dan Liputan6.com Ajak Masyarakat Melawan Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Pondok Pesantren (Ponpes) Nurulhuda Cibojong, Garut, Jawa Barat menggelar seminar daring bertajuk "Webinar Santri Kompak Lawan Hoax" pada Kamis (22/4/2021). Webinar ini juga menggandeng sejumlah pembicara dari Liputan6.com.

Ratusan santri serta para staf pengajar Ponpes Nurulhuda turut bergabung mengikuti pembelajaran melawan hoaks ini.

Pengasuh Santri Pondok Pesantren Nurulhuda Cibojong, Cecep Jaya Karama mengaku, sangat antusias mengikut webinar bersama Liputan6.com. Ia berharap, para santri dan staf pengajar Ponpes Nurulhuda Cibojong mendapat pengalaman bagaimana melawan hoaks di media sosial.

"Supaya kita tidak mudah termakan hoaks," kata Cecep dalam acara Webinar Santri Kompak Lawan Hoax, Kamis (22/4/2021).

Menurut Cecep, tidak mudah bagi orang awam termasuk para santri untuk membedakan antara informasi yang benar dan hoaks. Karena itu, belajar melawan hoaks lewat webinar bersama Liputan6.com penting dilakukan.

"Agar kita mendapatkan ilmu yang bermafaat. Terutama tentang cek fakta. Yang jadi korban hoaks bukan hanya orang awam saja. Tapi juga orang-orang yang berpendidikan tinggi justru jadi korban hoaks, bahkan kiai juga ada," tutur Cecep.

Dalam webinar ini, para santri dan staf pengajar Ponpes Nurulhuda belajar menganalisis sebuah informasi yang terindikasi hoaks. Materi ini disampaikan oleh Koordinator Pegiat Cek Fakta Liputan6.com Karmin Winarta dan Fact-Checker Liputan6.com Adyaksa Vidi.

Sementara, Redaktur Pelaksana Cek Fakta Liputan6.com Edu Krinadefa mengatakan, Liputan6.com merupakan salah satu media siber yang berkomitmen memberantas hoaks, sebab hoaks merupakan ancaman yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi negara.

"Salah satu komitmen Liputan6.com secara umum memang sebuah portal news tapi punya komitmen kuat untuk memberantas hoaks ini karena dapat menimbulkan dampak yang luar biasa," ungkap Edu.

Selain materi tentang tata cara melawan hoaks di media sosial, para santri dan staf pengajar Ponpes Nurulhuda Cibojong juga belajar tentang jurnalistik.

Redaktur Pelaksana Liputan6.com, Harun Mahbub berpesan kepada para santri dan staf pengajar Ponpes Nurulhuda Cibojong, menjadi jurnalis atau wartawan merupakan salah satu angenda untuk melawan hoaks.

"Belajar menjadi wartawan menjadi agenda penting untuk melawan hoaks dan berdakwah. Kita membuat konten-konten tandingan yang bukan hoaks. Itu tanggung jawab kita bersama," kata Harun.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: