Sukses

Cek Fakta: Hoaks Surel dari IPD Balitbangkes Terkait Pendaftaran Vaksinasi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui surat elektronik (surel) yang mencatut nama Bagian Informasi, Publikasi, dan Diseminasi (IPD) Sekretariat Badan Litbangkes terkait pendaftaran untuk pemberian vaksin covid-19. Surel tersebut ramai dibagikan sejak pertengahan pekan ini.

Dalam surel tersebut menjelaskan bahwa akan ada pemberian vaksin covid-19 gratis bagi seluruh WNI dan orang asing yang jangka panjang tinggal di Indonesia.

Surel tersebut juga menjelaskan sebelum mendapatkannya masyarakat harus mendaftar melalui alamat email ipd-balit-bangkes@litbang.kemkes.go.id.

Pemberian vaksin covid-19 juga diinformasikan akan diberikan secara bertahap karena pasokan vaksin yang masih terbatas.

Lalu benarkah surel dari IPD Sekretariat Badan Litbangkes terkait pendaftaran pemberian vaksin covid-19 tersebut?

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan penjelasan dari akun Badan Litbang Kesehatan, @litbangkemenkes di Twitter. Dalam postingan tanggal 3 Maret 2021 dijelaskan bahwa surel yang beredar di masyarakat adalah hoaks.

"Sehubungan dengan beredarnya surat elektronik yang mengatasnamakan Bagian Informasi, Publikasi, dan Diseminasi (IPD) Sekretariat Badan Litbangkes yang berisi pemberian vaksin Covid-19, kami sampaikan bahwa Badan Litbangkes tdk melakukan program pemberian Vaksin ya," bunyi postingan tersebut.

Selain itu postingan itu juga disertai gambar surel yang hoaks dan disertai penjelasan:

"Dengan ini kami sampaikan bahwa Badan Litbangkes tidak pernah mengirimkan pesan melalui email ipd-balitbangkes@litbang.kemkes.go.id. Saat ini akun email ipd-balitbangkes@litbang.kemkes.go.id bukan email resmi Badan Litbangkes yang digunakan untuk hubungan eksternal."

"Perlu kami sampaikan bahwa sesuai dengan Permenkes No.64 tahun 2015, IPD bukan lagi struktur yang ada di Sekretariat Badan Litbangkes. Mohon mengabaikan apabila menerima pesan-pesan ataupun hal-hal lainnya yang mengatasnamakan melalui akun email tersebut."

Sumber:

https://twitter.com/litbangkemenkes

https://www.kominfo.go.id/content/detail/33075/hoaks-surat-elektronik-mengatasnamakan-ipd-balitbangkes-terkait-pemberian-vaksin-covid-19/0/laporan_isu_hoaks

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Surel dari IPD Sekretariat Badan Litbangkes terkait pendaftaran pemberian vaksin covid-19 adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini