Sukses

Pemberantasan Hoaks Seputar Vaksin Covid-19 Jadi Tanggungjawab Bersama

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks tentang vaksin Covid-19 dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap program vaksinasi, sebab itu masalah tersebut harus diberantas.

Vaksinolog sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dirga Sakti Rambe, M. Sc, Sp.PD mengatakan, pemberantasan hoaks seputar vaksin Covid-19 menjadi tanggungjawab seluruh unsur lapisan, dari pemerintah hingga masyarakat.

"Hoaks vaksinasi menjadi tanggungjawab seluruh stakeholder, pemuka agama, petugas medis, pemerintah, jurnalis," kata Dirga, dalam Virtual Class, Kenali Vaksin Covid-19, Jangan Tersesat Hoaks, dikutip Sabtu (28/2/2021).

Seluruh pihak tersebut harus ikut meluruskan informasi palsu alias hoaks seputar vaksin Covid-19, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran terhadap vaksin Covid-19 dan program vaksinasi berjalan dengan sukses. Menurut Dirga, saat pandemi Covid-19 jumlah hoaks yang beredar meningkat, upaya pemerintah dalam mengatasi hoaks sudah cukup baik.

"Saya melihat pemerintah sudah cukup berupaya meng-counter dari Kominfo dan Kemenkes," ujarnya.

Dia mengungkapkan, saat ini pemerintah berkeinginan vaksinasi secara luas dan cepat, hoaks tentang vaksin Covid-19 berpengaruh pada program vaksinasi yang sedang dijalankan.

"Jelas ada pengaruhnya jadi tujuan program vaksin untuk memvaksin seluasnya secepatnya pemerintah memiliki target 181 juta vaksinasi," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut