Sukses

Cek Fakta: Panaskan Uang di Rice Cooker Bisa Membunuh Virus Covid-19? Simak Klarifikasinya

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan video di Facebook yang sangat unik. Netizen mengklaim kalau memanaskan uang di rice cooker bisa membunuh virus covid-19.

Video dengan klaim panaskan uang di rice cooker bisa membunuh covid-19 bisa dilihat di berbagai akun Facebook, salah satunya di Tempat Kumpulnya Pahlawan Devisa Diseluruh Dunia. Dia mengunggah video itu pada 19 Februari 2021.

Video itu memperlihatkan seseorang memasukan uang kertas pecahan Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu ke rice cooker. Lalu, dipanaskan selama 40 menit dan diklaim bisa membunuh virus covid-19.

Begini narasi yang ada di video dengan durasi 20 detik itu:

"Magic com buat masak nasi X

magic com buat masak uang V

Katanya biar virus Covid mati

Beneran mati gak sih?

Abis terima langsung dimasukkin

Setelah 40 menit uangnya panas diambil lagi Please ahli jelasin donk ini gimana sih?Setuju gk?

Baunya gk enak banget."

Lalu, benarkah memanaskan uang di rice cooker bisa membunuh covid-19? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi dr. Muhamad Fajri Adda'i, yang merupakan dokter relawan covid-19 dan edukator kesehatan. Dia pun langsung memberikan penjelasan dan mengirim tautan ke situs National Center fot Biotechnology Information (NCBI).

Dalam situs NCBI, virus covid-19 bisa dibunuh jika sebuah objek dipanaskan pada suhu di atas 75 derajat celcius dalam durasi waktu tertentu. Dokter Fajri pun setuju dengan referensi tersebut.

"Kalau pada rice cooker harusnya sampai 100 derajat celcius karena bisa membuat air mendidih bila kita masak air di situ. Jadi, kalau ditanya apakah bisa (membunuh virus covid-19)? Ya, bisa bunuh virus covid-19," katanya melalui WhatsApp, Senin (22/2/2020).

"Namun kalau menurut saya, apakah ini (rice coker) akan kotor? Setelah itu pasti mau dibuat masak. Lah itu bagaimana? Saya sih tidak menyarankan hal-hal yang aneh dan tidak lazim seperti ini," ujar dr. Fajri menambahkan.

Cara ini memang ampuh, tapi memanaskan uang di rice cooker bisa berbahaya. Dokter Fajri khawatir ada orang lain yang menirunya dengan memanaskan uang logam di rice cooker.

"Saya tidak tahu itu (rice cooker) bisa rusak atau tidak. Kalau uang logam itu meleleh dan bisa meledak atau uang kertasnya terbakar dalam suhu sekian," ucapnya.

Ketimbang cara seperti netizen, dr. Fajri memaparkan ada cara mudah dan aman untuk membunuh virus covid-19 yang menempel pada uang kertas ataupun logam.

"Bisa disemprotkan hand sanitizer atau dilap menggunakan alkohol. Kemudian bisa juga ditaruh di dompet khusus," katanya menegaskan.

Referensi artikel:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7361064/#!po=21.8750

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Memanaskan uang di rice cooker memang bisa membunuh covid-19. Namun cara ini tidak direkomendasikan para ahli medis.

Faktanya, rice cooker bisa rusak dan meledak bila yang dipanaskan uang logam. Kemudian, uang kertas bisa saja terbakar bila dipanaskan dalam suhu tertentu.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: