Sukses

Cek Fakta: Hoaks Uya Kuya Meninggal Dunia, Simak Penelusurannya

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan kabar netizen yang menyebut artis papan atas Indonesia, Uya Kaya telah meninggal dunia. Kabar ini dibagikan oleh pemilik akun Facebook atas nama Yenny Oktaviari Sari.

Dalam statusnya pada Minggu (21/2/2021), dia menuliskan:

"Beneran Uya Kuya meninggal, aku taunya dari tiktok,, kok gak percaya yah."

Akun Yenny Oktaviari Sari juga membagikan tangkapan layar dari aplikasi TikTok. Tangkapan layar itu memperlihatkan Uya Kuya terbaring di rumah sakit.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan di Facebook, Uya Kuya disebut sudah meninggal dunia. Begini narasinya:

"RIP Uya Kuya, smoga di terima disisinya masih gk percaya."

Lalu, benarkah Uya Kuya sudah meninggal dunia pada Minggu (21/2/2021)? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menemukan artikel yang membahas soal kabar meninggalnya Uya Kuya di kanal Showbiz Liputan6.com. Artikel itu dipublikasikan pada Minggu (21/2/2021), pada pukul 12.00 WIB dengan judul: "Beredar Kabar Uya Kuya Meninggal Dunia, Ini yang Sebenarnya Terjadi".

Di artikel tersebut, keluarga Uya Kuya masih beraktivitas di media sosial di tengah kabar miring ini. Istri Uya Kuya, Astrid, sekitar empat jam setelah unggahan di Facebook tersebut, ia terlihat masih memamerkan aktivitasnya berolahraga di area Sudirman Thamrin, Jakarta.

"This is My City...Jakarta , hate and love with this city. jakarta ku yg macet, jakarta ku yg sibuk, jakartaku yg penuh harapan manusia2 yg ingin sukses, terkenal dgn Monas nya, walaupun sbg warga JKT terakhir kesana kelas 4 SD welcome toJakarta , Indonesia 🇮🇩🇮🇩," tulis Astrid.

Di Instagram, anak sulung Uya, Cinta Kuya juga menyinggung soal hoaks. Unggahan ini seolah menyanggah isu yang tengah beredar. "Arti hoax adalah kabar, informasi, berita palsu atau bohong," tulisnya di Instagram Stories, Minggu (21/2/2021).

Masih dari kanal Showbiz Liputan6.com, dalam artikel lain, Uya Kuya sempat dinyatakan positif covid-19. Di sebuah acara televisi yang dipandu Raffi Ahmad, Uya Kuya menceritakan awal mula dirinya dinyatakan positif Covid-19. Uya mengaku tiba-tiba mengalami rasa sakit di badannya.

Sampai akhirnya Uya memutuskan untuk tes swab dan hasilnya positif. Artis kelahiran 1975 ini memilih untuk dirawat di rumah sakit.

"Enggak kepikiran buat ngapa-ngapain parah banget sih itu. Pas di swab gue udah gak enak badan pas saat itu gue feeling positif. Pas parah sakit gak kepikiran mau ngasih tahu orang mikirin kerjaan," terang Uya.

Referensi Artikel:

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4488618/beredar-kabar-uya-kuya-meninggal-dunia-ini-yang-sebenarnya-terjadi

https://www.liputan6.com/showbiz/read/4488360/fakta-fakta-perjuangan-uya-kuya-untuk-sembuh-saat-ketahuan-positif-covid-19?source=search

 

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim Uya Kuya meninggal dunia merupakan informasi hoaks. Hal ini berdasarkan penelusuran di Instagram istri Uya Kuya, Astrid pada Minggu (21/2/2021), masih terlihat beraktivitas di Thamrin City.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: