Sukses

Banyak Anggota Keluarga Sebarkan Hoaks soal Covid-19? Begini Cara Mengingatkannya

Apalagi hoaks mencakup semua bidang kehidupan. Mulai dari politik, ekonomi, hingga yang marak belakangan ini yang menyangkut kesehatan seperti pandemi covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks memang menjadi salah satu masalah di masyarakat saat ini. Peredaran hoaks bahkan tak mengenal usia, jenis kelamin, hingga status sosial.

Apalagi hoaks mencakup semua bidang kehidupan. Mulai dari politik, ekonomi, hingga yang marak belakangan ini yang menyangkut kesehatan seperti pandemi covid-19.

Sayangnya banyak anggota keluarga kita yang menyebarkan hoaks ini baik sengaja maupun tidak sengaja. Hoaks disebarkan melalui media sosial dan aplikasi percakapan.

Lalu bagaimana tips untuk menghadapi keluarga yang sering menyebarkan hoaks? Berikut ulasannya seperti dilansir laman covid19.go.id:

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Ingatkan Anggota Keluarga

1. Hindari langsung mengatakan mereka menyebarkan informasi salah. Ajaklah untuk bersama cari informasi pembanding yang kredibel.

2. Dekati dan beritahu secara personal terlebih dahulu. Mereka akan lebih menerima, daripada ditegur langsung di muka umum.

3. Tunjukkan dan kenalkan kepada mereka rujukan informasi kaya data, semisal covid19.go.id atau WHO, lalu ajak follow medsosnya.

4. Perlahan beritahu pula bahwa tokoh terkenal, apapun profesi dan gelarnya bukan jaminan kebenaran 100 persen. Lakukan cek dan ricek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.