Sukses

Ragam Pesan Hoaks yang Catut Nama Perusahaan Dompet Digital

Liputan6.com, Jakarta - Dompet digital mulai banyak digunakan masyarakat saat ini. Namun sayangnya banyak oknum memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan penipuan.

Salah satu yang kerap muncul adalah pesan berantai menjanjikan hadiah dari beberapa dompet digital. Pesan berantai tersebut biasanya disertai link yang ditujukan untuk menipu pengguna.

Penyebaran pesan berantai ini pun biasanya cukup masif. Selain melalui aplikasi percakapan, pesan berantai juga disebarkan melalui media sosial.

Lalu apa saja pesan berantai yang mencatut nama dompet digital. Berikut beberapa diantaranya:

 

2 dari 6 halaman

1. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Saldo dari OVO

Beredar melalui aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai mencatut nama OVO. Dalam pesan berantai tersebut menjanjikan saldo OVO tertentu jika mengklik tautan yang disertakan.

Salah satu akun yang membagikannya adalah bernama Afliq Ahmad. Dia mengunggahnya di Facebook pada 19 Januari 2021.

Berikut isinya:

"Bagi yang menginginkan Saldo ovo gratis,cobalah menggunakan bot telegram ini. Mulailah berpenghasilan dari smartphone anda & jadikan waktu kalian berharga. Namun kalian wajib mempunyai aplikasi Telegram.1 Reff = Rp.10.000https://t.me/ovogratisid_bot?start=r00923698140"

Lalu benarkah OVO mengadakan program seperti yang tersebar dalam pesan berantai? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 6 halaman

2. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Dana Bagikan Uang Tunai via Telegram

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai soal dompet digital Dana membagikan uang tunai gratis. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai terdapat link tautan untuk diisi pengguna sebelum mendapatkan uang tunai. Berikut isi pesan berantainya:

"Penghasil saldo Dana nih🔥Sekali Klik dapat 10 RB, syaratnya yang penting punya aplikasi TELEGRAM 👉🏻https://t.me/uangtunai_bot?start=r01515775230"

Lalu benarkah Dana sedang mengadakan program tersebut seperti yang tersebar dalam pesan berantai? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 6 halaman

3. Cek Fakta: Hoaks Link Telegram yang Janjikan Saldo Gopay Gratis

Beredar di media sosial Twitter postingan link yang menjanjikan Gopay gratis. Postingan ini ramai dibagikan sejak awal pekan kemarin.

Salah satu akun yang mempostingnya adalah @pohoncemara128. Ia mengunggah postingan sebagai berikut:

"Di aku belom Ada https://t.me/GopayReferrall_bot?start=r06017165220Di klik Gaes, biar dapet gopay gratis"

Selain itu ada juga akun @LemonAddict4 yang juga membuat postingan serupa yakni: "Ada yang ingin gopay gratis? Tinggal klik link dibawah nanti ada rulesnya ikutin aja."

Ada juga akun @Dzikri5Ahmad yang memposting "Mau dapet saldo gopay gratis? Kuyy gabung lewat telegram. Setiap mengundang 1 orang kamu akan dapat 5000. Ini bukan hoax ya sudah banyak buktinya,jadi tunggu apalagi buruan join!! Klik link dibawah untuk mendapatkan saldo gopay gratis"

Lalu benarkah Gopay sedang mengadakan promo seperti yang diposting di atas? Simak dalam artikel berikut ini...

5 dari 6 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: