Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Huawei Bagikan Hadiah Fantastis Sambut Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan terkait Huawei yang sedang membagikan hadiah untuk tahun baru. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak awal akhir tahun lalu

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun bernama Nancy Hu. Dia mempostingnya di Facebook pada 28 Desember 2020.

Dalam postingannya terdapat tautan link dengan tulisan "Huawei New Year Gift, Huawei provides free New Year gifts."

Ia juga menambahkan narasi "Huawei Yes"

Lalu benarkah Huawei sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah untuk Tahun Baru?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengklik tautan yang disertakan dalam postingan. Dalam tautan tersebut menjanjikan sejumlah hadiah seperti komputer, smartphones hingga uang dari 50 hingga 5000 dolar AS.

Namun untuk mendapatkannya pengguna harus mengklik tautan yang disertakan. Tautan link tersebut beralamat di https://hwgift23.xyz/nyear/, tentu link tersebut bukan mengarah pada website resmi Huawei, www.huawei.com.

Dalam website resmi huawei.com tidak ditemukan program yang dimaksud dalam tautannya. Demikian juga di akun media sosial Huawei, sama sekali tidak ada yang menyinggung program tersebut.

Penelusuran dilanjutkan dengan mengetik kata kunci "Huawei New Year Gift" di mesin pencarian Google. Hasilnya ada artikel berjudul "Huawei offering New Year gifts likely to turn into mega scam" yang tayang di thenews.com pada 29 Desember 2020.

Dalam artikel tersebut terdapat penjelasan dari Huawei bahwa mereka tidak pernah membuat program tersebut. Huawei juga menjelaskan tautan seperti itu sudah beredar ke seluruh dunia dan sama sekali tidak berkaitan dengan Huawei.

Huawei juga meminta publik untuk waspada terhadap tautan atau website yang mencurigakan. Pasalnya jika kita tidak waspada maka bisa mencuri data pribadi atau password lain yang bersifat privasi.

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Postingan atau pesan berantai yang menyebut Huawei sedang mengadakan bagi-bagi hadiah menyambut tahun baru adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: