Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Video Astronot Austria Lompat dari Pesawat Luar Angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Pada Rabu (20/1/2021), netizen Indonesia ramai membicarakan sebuah video yang diklaim sebagai artronot Austria melompat dari pesawat luar angkasa.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah klaim ini adalah Salwa Almira. Dia mengklaim kalau astronot Austria itu melompat dari ketinggian 128 ribu kaki.

Begini narasinya:

"Wowwww!!!!

Astronot Austria melompat dari ketinggian 128.000 kaki dari pesawat luar angkasa dan menempuh jarak 1.236 kilometer mencapai bumi dalam waktu 4 menit 5 detik. Dia melihat bumi berputar dengan jelas. Silahkan tonton videonya. Ini adalah rekaman BBC yang menarik dan menggetarkan."

Lalu, benarkah video itu menggambarkan astronot Austria yang melompat dari pesawat luar angkasa?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dari video unggahan Salwa Almira. Kemudian, tangkapan layar itu ditelusuri menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Image.

Hasil penelusuran mengarahkan ke situs BBC dalam artikel berjudul: "Skydiver Felix Baumgartner breaks sound barrier". Artikel ini sudah dipublikasikan sejak 14 Oktober 2012.

Di dalam artikel itu, BBC mengunggah video yang identik dengan klaim Salwa Almira. Namun narasi aslinya, seperti dikutip dari BBC, bukanlah astronot yang melompat dari luar angkasa.

Kebenarannya adalah, video itu merupakan aksi dari penerjun payung asal Austria, Felix Baumgartner yang melompat dari balon udara pada ketingian 128.100 kaki. Dia menjadi penerjun pertama yang melaju lebih dari kecepatan suara. Kecepatannya dilaporkan mencapai 1.342 km/jam.

Untuk menyentuh tanah yang berada di New Mexico, penerjun profesional berusia 43 tahun itu membutuhkan waktu kurang dari 10 menit.

Hasil penelusuran Google Images juga mengarahkan ke situs India Today dalam artikel berjudul: "Fact Check: This is not an Australian astronaut jumping from spaceship to Earth".

Dalam artikel yang dipublikasikan pada 14 Januari 2021, video itu merupakan aksi Felix Baumgartner, penerjun profesional yang melompat dari balon udara. Lompatan itu disebutkan bukan dari luar angkasa, karena jaraknya masih sangat jauh, yakni 100 km.

Lompatan Baumgartner disponsori oleh perusahaan minuman energi Red Bull di bawah misi "Red Bull Stratos". Channel resmi YouTube Red Bull juga mengupload video lompatan Baumgartner yang bisa dilihat di sini.

 

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim video itu menggambarkan astronot Austria yang melompat dari pesawat luar angkasa merupakan informasi yang salah. Itu merupakan aksi penerjun profesional asal Austria, Felix Baumgartner yang melompat dengan parasut dari balon udara.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: