Sukses

Lawan Hoaks soal Vaksin Covid-19, Google Gelontorkan Bantuan Rp 42 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Google terus melakukan upaya untuk melawan hoaks terkait vaksin covid-19. Terbaru mereka akan memberikan bantuan pada jurnalis dan lembaga pemeriksa fakta di seluruh dunia sebesar 3 juta dolar AS (Rp 42 miliar) untuk melawan hoaks tersebut.

Dilansir Engadget, hibah ini akan diberikan pada kantor berita atau lembaga pemeriksa fakta yang punya rekam jejak bagus untuk melawan hoaks. Selain itu artikel yang dibuat harus memenuhi syarat agar bisa mendapatkan bantuan tersebut.

Seleksi penerima bantuan ini akan dilakukan 12 orang juri dari Google dan pihak luar termasuk perwakilan WHO. Langkah serupa dilakukan Google April tahun lalu dengan memberikan dana hingga 6,5 juta dolar AS untuk melawan hoaks terkait virus corona covid-19.

"Untuk program kali ini kami ingin menjangkau audiens yang biasanya kurang terlayani atau menjadi sasaran utama misinformasi. Penelitian menyebut mereka yang terpapar hoaks akan mencari pemeriksa fakta dan biasanya tidak pernah tumpang tindih," ujar Alexios Mantzarlis, Pemimpin Divisi Berita dan Informasi Kredibel di Google News Lab.

Google meluncurkan program Google News Initiative sejak tahun 2018. Saat itu Google memberikan bantuan hingga 300 juta dolar AS untuk melawan hoaks dan membantu jurnalis.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: