Sukses

Cek Fakta: Benarkah Minum Teh Batang Lada Bisa Sembuhkan Covid-19? Simak Penelusurannya

Media sosial, Facebook, kembali dihebohkan dengan ramuan herbal yang diklaim mampu mencegah atau mengobati covid-19 .

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial, Facebook, kembali dihebohkan dengan ramuan herbal yang diklaim mampu mencegah atau mengobati covid-19 . Kali ini minum teh batang lada diklaim mampu mencegah atau mengobati covid-19.

Begini narasi yang beredar dengan klaim minum teh batang lada bisa mencegah atau mengobati covid-19 :

"Obat efektif untuk menyembuhkan virus Corona.

Pemulihan penuh dijamin dalam dua atau tiga hari.

Anda dapat dengan mudah mencegah Covid-19, dan Anda dapat 100 persen menyembuhkan virus corona dengan metode ini.

Cara membuat teh batang lada.

Siapkan 100gram batang lada, tiga jujube dan tujuh garam kasar. (Cuci batang lada bersih dengan air). Tuang 2 liter air dan mulailah mendidihkannya.

Tidak ada efek samping ..."

Klaim ini berasal dari pemilik akun Facebook yang berbasis di Korea Selatan atas nama Say June Kim. Dia mengunggah klaim tersebut pada 27 Desember 2020.

Lalu, benarkah klaim minum teh batang lada diklaim mampu mencegah atau mengobati covid-19 ?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk memastikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, guru besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Dia pun memastikan kalau klaim minum teh batang lada mampu mencegah atau mengobati covid-19 merupakan informasi yang salah.

"Itu salah. Sampai saat ini, belum ada bukti klinis herbal yang bisa mencegah covid-19 secara spesifik," katanya kepada Cek Fakta Liputan6.com melalui pesan singkat.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel yang membahas klaim ini di AFP Fact Check. Artikel itu sudah dipublikasikan pada 31 Desember 2020 dengan judul: "Korean social media posts share false claim that drinking pepper stem tea can prevent or cure Covid-19".

Artikel ini mengambil penjelasan dari Kim Gye-jin, direktur Asosiasi Pengobatan Korea. Dia mengatakan tidak ada bukti yang mendukung untuk klaim tersebut.

"Tidak ada catatan signifikan yang menunjukkan bahwa batang lada bisa digunakan untuk mencegah atau menyembuhkan flu biasa. Yang pasti, tidak ada alasan medis yang menunjukkan bahwa batang lada efektif dalam mencegah atau menyembuhkan Covid-19," katanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), melalui situs resminya, pada 30 Desember 2020, tidak merekomendasikan obat rumahan untuk mencegah atau mengobati covid-19.

"Tidak ada bukti bahwa obat saat ini dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit, sementara beberapa pengobatan barat, tradisional atau rumahan dapat memberikan kenyamanan dan meringankan gejala Covid-19," tulis WHO di situs resminya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim minum teh batang lada diklaim mampu mencegah atau mengobati covid-19 adalah informasi yang salah. Hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah teh batang lada bisa menyembuhkan covid-19.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.