Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Video Penemuan Naga di Tibet, Simak Penelusurannya

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan video di Facebook. Video itu diklaim sebagai bangkai naga yang merupakan makhluk mitologi, di Tibet.

Dalam klaim yang ada di Facebook atas nama Marlan Putra Arcib, naga itu ditemukan di Tibet, daerah otonom China. Akun ini juga memposting artikel dengan klaim penemuan naga.

Begini judul artikel tersebut:

"Heboh, Bangkai Naga Ditemukan di Tibet."

Unggahan serupa juga ditemukan di akun Facebook milik Takashi Ebisawa. Dalam unggahannya pada 19 Desember 2020, dia membagikan postingan milik Praksh Thapa yan mengklaim penemuan naga di Tibet.

Begini narasi yang ada di akun Facebook Takashi Ebisawa:

"Naga adalah makhluk yang berbeda".

Lalu, benarkah klaim naga yang ditemukan di Tibet? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dari video klaim penemuan naga di Tibet. Kemudian, tangkapan layar ditelusuri dengan pencarian gambar terbalik, Google Image.

Hasil penelusuran mengarahkan ke situs Snopes dalam artikel berjudul: "Does This Video Show a Dragon That Fell from the Sky in Tibet?". Artikel ini sudah dipublikasikan pada 22 Agustus 2016.

Disebutkan dalam artikel tersebut, naga yang diklaim oleh netizen merupakan patung naga yang dibuat untuk sebuah acara televisi Spanyol, Cuarto Milenio. Acara ini mengekplorasi teori konspirasi, makhluk mitos, dan cryptozoology.

Patung naga itu digunakan untuk adegan dalam 'dukumenter' buatan, mirip dengan yang ditayangkan di film Bigfoot, putri dujung, hingga Megalodon. Untuk melihat video aslinya, klik tautan ini.

Hasil penelusuran Google Images juga mengarah ke AFP Fact Check dalam artikel yang dipublikasikan pada 26 November 2019. Artikel itu berjudul: "This video shows a dragon model featured on a Spanish television show, not a real dragon".

Dalam artikelnya, AFP Fack Check mengungkapkan orang yang membuat patung naga tersebut, yakni Juan Villa Herrero. Sang pembuat patung juga mengakui kalau video yang beredar di Facebook itu merupakan salah satu karyanya.

"Memang video naga yang viral itu milik saya," katanya.

Herrero juga membagikan video yang diposting ke YouTube pada 21 Februari 2016 yang menunjukkan pembuatan patung naga itu. Lihat videonya di tautan ini.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim penemuan naga di Tibet adalah salah. Faktanya, naga itu merupakan sebuah patung untuk sebuah acara televisi Spanyol, Cuarto Milenio pada 2016.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: