Sukses

Cek Fakta: Benarkah Ada Kambing yang Punya 4 Mata? Simak Penelusurannya

Liputan6.com, Jakarta - Pada 12 Desember 2020, pemilik akun Facebook atas nama Jenny mengunggah sebuah foto kambing berwarna hitam. Kambing itu diklaim memiliki empat mata.

Dalam foto tersebut ada penjelasan yang menyebut kambing dengan empat mata ini merupakan jenis baru yang ditemukan di Benua Afrika. Begini narasinya:

"Penemuan hewan baru bermata 4 di South Sudan, menjadi jalah satu keindahan di Afrika."

Unggahan serupa juga bisa ditemukan di akun Facebook atas nama Lukman SE. Dia mengunggah foto kambing dengan empat mata pada 3 November lalu.

Lalu, benarkah klaim kambing hitam dengan empat mata itu ditemukan di Sudah Selatan?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya dengan pencarian gambar terbalik, Google Image. Hasil penelusuran mengarahkan ke akun Instagram atas nama Fuego Fatuo Art, yang dimiliki oleh seniman Spanyol Alvaro Herranz.

Dia menggunggah foto kambing hitam berwarna empat pada 12 Oktober 2019. Namun sayangnya, Alvaro Herranz tidak menyebut kambing bermata empat ini sebagai hewan jenis baru, melainkan makhluk mitologi.

Begini narasi yang ada di akun Instagram Fuego Fatuo Art:

"Izinkan saya memperkenalkan Anda bayi kecil Akerbeltz ini. Akerbeltz adalah makhluk mitos dari mitologi Basque di Spanyol utara. Awalnya dianggap sebagai pelindung alam dan hewan, hubungannya dengan penyihir dan covens dari zaman kuno membuat agama Kristen menganggap mereka makhluk jahat yang berhubungan dengan iblis.

Simbolisme mana pun yang Anda suka untuk percaya, tampaknya makhluk yang baik untuk musim seram tahun ini. Bagaimana menurut anda?"

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dalam artikel berjudul: "These photos actually show a figurine of an ancient mythical creature made by a Spanish artist". Artikel itu dipublikasikan pada 18 Desember 2020.

Dalam artikelnya, AFP Fact Check juga menyebut kambing bermata empat ini bukan hewan baru yang ditemukan di Sudah Selatan, melainkan makhluk mitologi yang diciptakan oleh seniman Spanyol, Alvaro Herranz.

Perhatikan gambar di bawah ini:

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut kambing bermata empat ditemukan di Sudan Selatan adalah hoaks. Konten ini masuk dalam kategori palsu.

Faktanya, kambing bermata empat itu merupakan makhluk mitologi yang diciptakan oleh seniman Spanyol, Alvaro Herranz.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: