Sukses

Simak Deretan Informasi Hoaks Seputar Banjir, Dari Madura Hingga India

Informasi terkait bencana alam seperti banjir sering beredar luas di masyarakat. Namun tak sedikit yang memanfaatkannya untuk menebar kebohongan.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi terkait bencana alam seperti banjir sering beredar luas di masyarakat. Namun tak sedikit yang memanfaatkannya untuk menebar kebohongan.

Tentu hal ini sangat merugikan dan meresahkan masyarakat. Apalagi hoaks sangat mudah tersebar di media sosial dan aplikasi percakapan

Selain menimbulkan kepanikan, hoaks yang terkait dengan bencana alam bisa membuat penanganan menjadi tak maksimal.

Lalu apa saja hoaks yang terkait bencana alam banjir. Berikut beberapa diantaranya:

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cek Fakta: Viral Video Banjir Bandang di Sampang Madura, Benarkah?

Sebuah video yang diklaim sebagai peristiwa banjir bandang di Sampang, Madura, Jawa Timur beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh akun Facebook Merry Sajangbati pada 12 Desember 2020.

Dalam video berdurasi 27 detik itu, tampak beberapa mobil hanyut akibat terjangan banjir. Warga yang berada di lokasi pun tampak melihat dan menyaksikan peristiwa tersebut.

Terdapat juga suara dari seseorang yang menginformasikan bahwa peristiwa banjir tersebut terjadi di Sampang, Madura, Jawa Timur.

"Sampang Madura Banjir," tulis akun Facebook Merry Sajangbati.

Konten yang disebarkan akun Facebook Merry Sajangbati telah 1.200 kali ditonton dan mendapat 3 komentar warganet. Lalu benarkah video tersebut? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini....

3 dari 4 halaman

2. Video Ini Bukan Menggambarkan Banjir di Bandara Internasional India

Di media sosial, Facebook, beredar sebuah video yang menggambarkan Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir akibat hujan lebat yang turun sepanjang bulan Oktober 2020.

Adalah pemilik akun Facebook atas nama Gulbarga ka culture yang mengunggah video Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir. Dia pun memberikan narasi seperti ini:

"Ini adalah bandara internasional Hyderabad atau Rajiv Gandhi."

Lalu benarkah video itu menggambarkan Bandara Interasional Rajiv Gandhi di India mengalami banjir? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

3. Video Peristiwa Banjir Bandang Cicurug Sukabumi

Cek fakta Liputan6.com mendapati video yang mengklaim sebagai peristiwa banjir bandang Cicurug Sukabumi.

Video yang diklaim sebagai banjir bandang Cicurug Sukabumi tersebut beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Video menampilkan luapan air sungai ke daratan, air tersebut terlihat menyapu semua benda yang ada di daratan, seperti bangunan dan kendaraan.

Dalam video yang diambil dari ketinggian tersebut terdengar suara sejumlah orang yang berteriak.

Benarkah video yang mengklaim sebagai peristiwa banjir bandang Cicurug Sukabumi? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.