Sukses

Cek Fakta: Hoaks PT Transjakarta Buka Lowongan Kerja untuk Ratusan Pengemudi

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang berisi informasi soal lowongan di PT Transjakarta. Postingan ini ramai dibagikan sejak awal bulan kemarin.

Salah satu yang membagikannya adalah akun bernama Anton Codet. Dia mengunggahnya di Facebook pada 23 November 2020.

Dalam postingan tersebut berisi informasi soal PT Transjakarta yang membuka lowongan bagi ratusan pengemudi bis, satpam, hingga petugas cuci bus.

Selain itu disebutkan pula persyaratan bagi calon pelamar dengan posisi masing-masing. Alamat untuk mengirim berkas lamaran juga dicantumkan dalam postingan tersebut.

Lalu benarkah PT Transjakarta sedang membuka lowongan kerja saat ini?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan membuka akun resmi PT Transjakarta di Instagram, @pt_transjakarta yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Di sana terdapat postingan pada 9 November 2020 yang berisi sebagai berikut:

"Waspada Penipuan Kerja!

Transjakarta tidak memungut biaya apapun dalam proses seleksi karyawan/ti. Kami menghimbau agar berhati-hati atas modus penipuan kerja yang mengatasnamakan Transjakarta.

PT Transportasi Jakarta tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan.

Informasi mengenai lowongan pekerjaan dapat di akses pada website resmi Transjakarta www.transjakarta.co.id

Jika memiliki pertanyaan terkait layanan Transjakarta, hubungi 1500-102 atau mention akun twitter resmi Transjakarta @pt_transjakarta (http://bit.ly/twittertije) atau pilih menu halo TiJe pada aplikasi Tije."

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga membuka website resmi transjakarta.co.id. Pada bagian karir tidak ditemukan lowongan pekerjaan dari PT Transjakarta untuk saat ini.

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Postingan yang berisi informasi lowongan kerja di PT Transjakarta adalah hoaks. Faktanya hingga saat ini PT Transjakarta belum membuka lowongan kerja.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini