Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Google Buka Kantor di Pakistan, Ini Kebenarannya

Liputan6.com, Jakarta - Akun Facebook atas nama Entertainment Center mengunggah dua foto yang menampilkan sebuah ruangan milik Google. Akun itu dengan tegas mengklaim ruangan tersebut sebagai kantor pertama Google di Pakistan.

Entertainment Center mengunggah narasi Google membuka kantor di Pakistan pada 9 November 2020. Dia juga mengklaim kalau ini merupakan keberhasilan dari Perdana Menteri Pakistan.

Begini narasinya tentang kantor Google di Pakistan:

"Berkat upaya pribadi Perdana Menteri, Google telah membuka kantor pertamanya di Pakistan.

Setelah Google, PayPal dan Facebook juga kemungkinan membuka kantor mereka di Pakistan. Dengan kedatangan Google di Pakistan, ekonomi akan mendapatkan keuntungan dari crore, sedangkan dengan kedatangan PayPal dan Facebook, keuntungan ini akan menjadi milyaran."

Lalu, benarkah klaim yang menyebut Google membuka kantor di Pakistan?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk mengungkap kebenaran informasi tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan mesin pencari, Google dengan kata kunci: "Google has opened its first office in Pakistan".

Hasil penelusuran mengarahkan ke situs Phone World dengan artikel berjudul: "Google Opens its First Authorized Store in Pakistan". Artikel itu dipublikasikan pada 9 November 2020.

Disebutkan dalam artikel tersebut, Google membuka toko resmi pertama mereka di Pakistan. Lokasi tepatnya di Commercial Area DHA Phase 1, Lahore.

Upacara pembukaan toko pertama Google di Pakistan dilakukan dengan cara yang meriah. Google memutuskan untuk membuka toko resmi mereka di Pakistan agar tidak ada lagi orang Pakistan yang membeli secara online.

Hasil penelusuran Google juga mengarahkan ke situs RS News dengan judul artikel: "First Authorized Google Store Opens in Pakistan". Artikel ini sudah berada di ruang digital pada 15 November 2020.

Dalam artikel tersebut, dijelaskan kalau Google membuka toko resmi di Pakistan, bukan kantor. Di toko ini, Google menjual semua produk dan akan ada staf penjualan yang bakal menjelaskan keunggulan produk keluaran Google.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Google membuka kantor pertama di Pakistan adalah salah. Sebabnya, Google membuka toko resmi pertana di sana.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: