Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Tim Kuasa Hukum Ini Siap Membantu Donald Trump di Gugatan Pilpres AS

Beredar di media sosial postingan terkait pilpres AS 2020. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan terkait pilpres AS 2020. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun bernama Esbees. Ia mempostingnya di Facebook pada 9 November 2020.

Dalam postingan tersebut mengunggah foto tim kuasa hukum dalam suatu persidangan dengan logo Liputan6.com di pojok kanan atas. Selain itu dalam foto tersebut disertai narasi,

"JIKA PAK TRUMP BUTUH TIM KUASA HUKUM UNTUK GUGATAN PILPRES DI AMERIKA, KAMI SIAP BANTU KARENA KAMI SANGAT BERPENGALAMAN"

Lalu benarkah foto tim kuasa hukum di atas siap membantu Donald Trump dalam gugatan Pilpres AS?

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengunggah foto melalui Google Reverse Image.

Cek Fakta KPU3

Hasilnya foto tersebut benar merupakan milik Liputan6.com namun menggambarkan suasana sidang sengketa Pilpres 2019 di Indonesia. Salah satu artikel yang memakai foto tersebut adalah berjudul "Tim Hukum Prabowo-Sandi Apresiasi MK di Sidang Sengketa Pilpres" yang tayang 14 Juni 2019.

Cek Fakta foto Pilpres AS 2

Dalam artikel tersebut Ketua tim hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto mengapresiasi langkah Mahkamah Konstitusi (MK) yang menerima permohonan perbaikan mereka dalam sengketa Pilpres 2019.

Sama sekali tidak ada pembahasan mengenai Pilpres AS yang baru berlangsung pekan kemarin.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebutkan tim kuasa hukum di Indonesia akan membantu Donald Trump di Pilpres AS adalah salah. Faktanya foto tersebut merupakan foto dari tahun 2019 dan narasinya sudah disunting.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.