Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Caresse Crosby Penemu Bra di Prancis

Beredar klaim tentang seorang wanita bernama Caresse Crosby merupakan penemu bra di Prancis. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang seorang wanita bernama Caresse Crosby merupakan penemu bra di Prancis beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Bellarminus Billy Pratomo pada 4 November 2020.

Akun Facebook Bellarminus Billy Pratomo mengunggah gambar yang diklaim sebagai Caresse Crosby. Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut. Berikut isinya:

"Penemu BH atau BRA adalah Caresse Crosby, di perancis. Jadi klo mau boikot produk perancis, Jangan beli atau pake BH/BRA, Bagaimana?".

Akun Facebook Bellarminus Billy Pratomo mengaitkan gambar tersebut dengan aksi boikot produk Prancis.

"Boikot !🤣🤣🤣," tulis akun Facebook Bellarminus Billy Pratomo.

Konten yang disebarkan akun Facebook Bellarminus Billy Pratomo telah 504 kali dibagikan dan mendapat 121 komentar warganet.

Benarkah Caresse Crosby sebagai penemu bra di Prancis? Berikut penelusurannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang Caresse Crosby merupakan penemu bra asal Prancis. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Caresse Crosby".

Hasilnya terdapat beberapa artikel menjelaskan mengenai siapa Caresse Crosby. Satu di antaranya artikel berjudul "Caresse Crosby, who claimed the invention of the bra, was better known for her wild life" yang dimuat situs washingtonpost.com pada 11 November 2014.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Caresse Crosby bukan penemu bra di Prancis. Dia mematenkan pakaian dalam baru yang revolusioner bernama  "bra tanpa punggung". 

Pada 3 November 1914, kantor paten menyetujui permintaan Caresse Crossby dan menjadikannya sebagai orang pertama yang mematenkan bra di Amerika Serikat. Dari sana dia memulai Fashion Form Brassiere Company di Boston, Amerika Serikat dan mempekerjakan wanita untuk memproduksi bra nirkabel.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang Caresse Crosby merupakan penemu bra asal Prancis ternyata tidak benar. Caresse Crosby merupakan penemu bra di Amerika Serikat dan mematenkan karyanya pada  3 November 1914. Konten yang disebarkan akun Facebook Bellarminus Billy Pratomo masuk dalam kategori salah dan tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini