Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Jalan Bernama "Habieb Rizieq Tak Bisa Pulang"

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto jalan bernama Habib Rizieq tak bisa pulang, Klaim foto jalan Habib Rizieq tak bisa pulang diunggah akun Facebook Anak Agung Gek Pradnya Paramita, pada 23 Oktober 2020.

Foto yang diunggah berupa nama jalan "Jln. HABIEB RIZIEQ TAK BISA PULANG".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Drun punya junjungan kok ngenes bnget yaūüė≠ūüė≠"

Benarkah Klaim foto jalan bernama Habib Rizieq tak bisa pulang? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto jalan bernama Habib Rizieq tak bisa pulang, dengan menggunakan Google Reverse Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto jalan bernama Habib Rizieq tak bisa pulang

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Presiden Jokowi Dijadikan Nama Jalan di Abu Dhabi, Baru Saja Diresmikan" yang dimuat situs jatimtimes.com, pada 20 Oktober 2020.

Situs jatimtimes.com memuat foto yang identik dengan klaim foto jalan bernama Habib Rizieq tak bisa pulang. Adapun kesamaannya adalah latar belakang nama jalan, pencahayaan foto. Namun, nama jalan dalam foto yang dimuat artikel tersebut bukan  Habib Rizieq tak bisa pulang, tetapi President Joko Widodo.

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto jalan bernama Habib Rizieq tak bisa pulang

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto jalan bernama Habib Rizieq tidak benar. Foto tersebut hasil editan, nama jalan sebenarnya adalah President Joko Widodo.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.