Sukses

Cek Fakta: Hoaks Bank Indonesia Bagi Hadiah Langsung Transfer ke Rekening Pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui pesan berantai kabar Bank Indonesia mentransfer uang sebagai hadiah melalui rekening pribadi. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan belakangan ini.

Dalam pesan berantai tersebut tertulis bahwa penerima pesan akan mendapat hadiah sebesar ratusan juta rupiah. Namun penerima pesan harus mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu sebagai syarat.

Pesan berantai itu menyebutkan uang transfer tersebut merupakan ketentuan dari Bank Indonesia dan OJK. Bahkan pesan itu disertai ancaman proses pencairan dana tidak jadi jika syarat tidak dipenuhi.

Lalu benarkah Bank Indonesia sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah dan mentransfer uang ke rekening pribadi?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan menghubungi Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko.

"Tidak benar jika ada yang bilang Bank Indonesia bisa layani transfer nasabah. Jadi jika dapat informasi atau pesan seperti itu adalah hoaks," ujar Onny saat dihubungi, Selasa (29/9/2020).

"Untuk berita hoaks seperti itu sudah kami laporkan ke Kominfo. Namun jika ada nasabah yang terkena penipuan maka bisa langsung melapor ke pihak berwajib," katanya menambahkan.

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga membuka akun resmi Bank Indonesia di Instagram, @bank_indonesia yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Di sana terdapat postingan terkait masalah ini. Berikut narasinya:

"#SobatRupiah, Bank Indonesia TIDAK PERNAH menerima ataupun mengirim transfer dana langsung pada masyarakat.‬

‪☎️ Hubungi BICARA 131 untuk konfirmasi hal yang meragukan terkait Bank Indonesia.

Yuk tingkatkan kewaspadaan dalam menerima setiap informasi. Saring before sharing. #BIWaspadaHoax#BankIndonesia"

Dalam postingan tersebut juga disertai kanal resmi Bank Indonesia, yakni website di: www.bi.go.id, Facebook di Bank Indonesia Official, Twitter @bank_indonesia, Instagram @bank_indonesia, dan call center di 131.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Pesan berantai yang menyebut Bank Indonesia sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah dan langsung mentransfer ke rekening pribadi adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.