Sukses

Cek 6 Fakta Cristiano Ronaldo yang Jarang Diketahui: Perusak Rekor Abadi Maradona

Selain Juventus, Cristiano Ronaldo juga pernah bermain untuk Sporting CP, Manchester United, dan Real Madrid.

Liputan6.com, Turin - Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain sepak bola yang pernah ada di muka Bumi. Saat ini, pria berusia 35 tahun tersebut memperkuat klub asal Italia, Juventus.

Pria kelahiran Funchal, Portugal ini telah memenangkan lima gelar Ballon d'Or. Selain Juventus, Cristiano Ronaldo juga pernah bermain untuk Sporting CP, Manchester United, dan Real Madrid.

Kariernya juga moncer bersama Timnas Portugal. Tercatat, dia sudah memenangkan dua gelar internasional bersama negaranya, yakni Piala Eropa dan UEFA Nations League.

Seperti dikutip dari Great Performers, Cek Fakta Liputan6.com menemukan enam fakta menarik tentang Cristiano Ronaldo yang jarang diketahui oleh publik.

1. Panggilan Masa Kecil

Saat masih kecil, Cristiano Ronaldo memiliki dua nama panggilan, yakni Si Cengeng dan Lebah Kecil. Dia dipanggil Si Cengeng karena sering menangis jika perjalanan kariernya tidak berjalan sesuai yang diinginkan.

Sedangkan untuk panggilan Lebah Kecil didapatkan Cristiano Ronaldo karena pergerakannya yang cepat ketika bermain sepak bola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Jadi Mata Kuliah di Universitas

University of British Columbia Okanagan menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai mata kuliah. Mahasiswa sosiologi semester empat di universitas ini akan mempelajari kehidupan dan karier kekasih dari Georgina Rodriguez tersebut.

"Cristiano Ronaldo merupakan sosok yang bisa membangun wacana tentak dirinya sendiri. Dia mampu membuat dirinya berbeda sebagai pesepak bola, hubungannya dengan Portugal, hingga Madeira (kampung halaman)," kata profesor sosiologi di universitas tersebut, Luis LM Aguiar.

 

3 dari 7 halaman

3. Rusak Rekor Abadi Diego Maradona

Pada 2009, Cristiano Ronaldo hengkang dari Manchester United menuju Real Madrid. Ketika itu, Real Madrid memperkenalkannya kepada para fans di Santiago Bernabeu Stadium.

Perkenalan ayah empat anak tersebut dihadiri oleh 80 ribu fans. Kehadiran para fans Real Madrid dalam perkenalan tersebut merusak rekor abadi legenda Timnas Argentina, Diego Maradona.

Maradona, pada 1984, diperkenalkan sebagai pemain baru oleh Napoli. Saat itu, ada 75 ribu fans Napoli yang hadir di Stadion Sao Paolo.

 

4 dari 7 halaman

4. Memikat Sponsor

Cristiano Ronaldo memiliki wajah tampan dan tubuh atletis. Postur Ronaldo yang sempurna ini sering membuat rasa iri hingga rasa hormat. Namun, hal ini malah menjadi keuntungan buatnya.

Eks pemain Manchester United itu malah menarik bagi sponsor. Dia mendapat banyak uang tambahan dari brand internasional seperti Coca-Cola, Armani jeans, dan pakaian dalam, Nike, Konami, Motorolla, KFC, Jacob & Co., Fly Emirates, Castrol, Herbalife, dan masih banyak lagi.

 

5 dari 7 halaman

5. Berhati Emas

Ronaldo memiliki banyak haters. Namun siapa sangka kalau pemenang lima trofi Liga Champions ini memiliki hati emas.

Pada Desember 2012, Ronaldo bergabung dengan yayasan FIFA 11 For Health Foundation. Tujuan dari yayasan tersebut adalah untuk menciptakan kesadaran di antara anak-anak dari kondisi seperti HIV, obesitas, Malaria, dan kecanduan narkoba.

Jauh sebelum itu, ketika terjadi tsunami di Aceh 2004, dia memberikan dukungan kepada para korban. Bahkan, dia menjadikan salah satu korban tsunami Aceh, Martunis sebagai anak angkatnya.

 

6 dari 7 halaman

6. Punya Penyakit Jantung

Ketika masih berusia 15 tahun, Cristiano Ronaldo didiagnosis dengan jantung yang berdebar sangat kencang. Kondisi tersebut membuatnya berpotensi gantung sepatu dan tidak dikenal seperti sekarang.

Namun nasib baik berpihak padanya. Ronaldo sembuh dari penyakitnya itu setelah operasi laser berhasil. Dalam beberapa hari setelah operasi, dia dinyatakan pulih dan fit untuk kembali ke lapangan hijau.

7 dari 7 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.