Sukses

Cek Fakta: Hoaks Adidas Bagi-Bagi Ribuan Sepatu Muncul Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Grup WhatsApp dihebohkan dengan informasi yang menyebut salah satu produsen sepatu ternama dunia, Adidas membagikan ribuan sepatu secara gratis. Benarkah?

Berikut ini narasi Adidas bagi-bagi sepatu yang tersebar di Grup WhatsApp:

"Perayaan hari jadi Adidas

Adidas menawarkan 3100 Sepatu Gratis, T-shirt dan Masker untuk semua orang

Menerima instruksi:

1. Masing-masing hanya dapat berpartisipasi sekali

2. Kuantitas terbatas, siapa cepat dia dapat

3. Acara ini tidak membutuhkan biaya apapun

Dapatkan milik Anda di sini GRATIS

Klik untuk melihat gaya sepatu

Lalu, benarkah Adidas bagi-bagi 3.100 sepatu secara gratis?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran informasi tersebut melalui mesin pencarian Google dengan kata kunci: "adidas bagi bagi sepatu gratis".

Hasil penelusuran, begitu banyak berita-berita yang menyebut kabar tersebut adalah berita bohong alias hoaks. Berita ini bahkan hampir muncul di setiap tahunnya.

Termasuk Liputan6.com yang pernah membuat berita dengan judul: "Hoaks, Bagi-Bagi Adidas Gratis Lewat Pesan WhatsApp". Artikel itu sudah dipublikasikan pada 7 Desember 2018.

Namun, untuk memastikannya, Cek Fakta Liputan6.com juga menghubungi pihak adidas Indonesia untuk mengecek kebenaran berita ini. Tim menghubunginya melalui pesan singkat.

"Terima kasih sudah mengkroscek ke kami. Link ini bukan link resmi dari PT adidas Indonesia. Kami tidak ada program yang dituliskan di pesan tersebut," demikian konfirmasi dari Cinita Mayakatri, Brand Communications & Sports Marketing Manager Adidas Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Berita yang menyebut adidas membagi-bagikan 3100 sepatu gratis, t-shirt, dan masker adalah hoaks. Tidak benar adidas membagi-bagikan 3100 sepatu gratis, t-shirt, dan masker dalam rangka ulang tahun mereka.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.