Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Informasi Rekrutmen Pegawai PLN untuk Lulusan SMA hingga S1 Tahun 2020

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi rekrutmen pegawai PLN untuk lulusan SMA hingga S1 Tahun 2020

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi rekrutmen pegawai PLN untuk tingkat SMA, SMK, sarjana D III, D IV dan S1 Tahun 2020.

Dalam pengumuman, rekrutmen pegawai PLN dibuka hingga 20 September 2020.

Dengan penempatan kerja sebagai administrasi SDM, akuntansi, manajemen keuanganm manajemen kontruksi, operasi distribusi, operasi pembangkitan

pemasaran dan pelayanan pelanggan,  pemeliharaan distribusi, pemeliharaan pembangkitan, pemeliharaan transmisi dan gardu induk.

Benarkah informasi  rekrutmen pegawai PLN untuk tingkat SMA, SMK, sarjana D III, D IV dan S1 2020? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi rekrutmen pegawai PLN untuk tingkat SMA, SMK, sarjana D III, D IV dan S1, dengan menghubungi pihak PLN.

Dalam keterangan tertulisnya, PLN mengimbau para pelamar kerja yang berminat untuk bergabung ke PLN berhati-hati terhadap maraknya penipuan terkait rekrutmen yang mengatasnamakan PLN.

Vice President Public Relations PLN, Arsyadany G. Akmalaputri menjelaskan, PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN. Selain itu, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi.

"Untuk rekrutmen, kami tegaskan, PLN tidak memungut biaya apapun kepada peserta rekrutmen ataupun calon pegawai,” jelas Arsyadany.

Dalam menjaring tenaga kerja unggul baru, PLN hanya merekrut pegawai melalui alamat web rekrutmen.pln.co.id. Aplikasi ini memungkinkan siapapun untuk melihat informasi tentang lowongan yang dibuka serta pengumuman hasil seleksi calon pegawai PLN.

Pelamar cukup masuk ke aplikasi dan mendaftar sebagai anggota dengan menyiapkan soft copy KTP, foto, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran dan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEFL prediction, TOEIC dan IELTS).

“Selain di web rekrutmen.pln.co.id semua lowongan ataupun panggilan untuk seleksi tidak bisa dipertanggungjawabkan. Jadi silahkan buka web tersebut untuk info rekrutmen,” tegas Arsyadany.

Arsyadany menambahkan, jika ada pengumuman perihal rekrutmen PLN maka peserta akan diinformasikan melalui email rekrutmen@pln.co.id dan sms blast dengan masking PT PLN.

"Informasi tersebut hanya bisa dilihat secara pribadi melalui menu PENGUMUMAN TES setelah peserta login menggunakan akun yang dimiliki masing-masing peserta," pungkas Arsyadany.

 

3 dari 4 halaman

kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi rekrutmen pegawai PLN untuk tingkat SMA, SMK, sarjana D III, D IV dan S1 tidak benar.

PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini