Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Gurah Minyak Kayu Putih Bisa Tangkal dan Sembuhkan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial Facebook dan aplikasi percakapan video cara mengobati dan mencegah covid-19. Video itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun yang mengunggahnya di Facebook adalah akun Almuzzammil Yusuf. Dia mengunggahnya pada Kamis (10/9/2020).

Sejauh ini video tersebut sudah ditonton lebih dari tiga ribu kali dan dibagikan sebanyak 108 kali dan mendapat delapan komentar.

Dalam postingan video tersebut disertai dengan narasi "Terapi Gurah "Covid" dengan Minyak Kayu Putih".

Video berdurasi 3 menit 41 detik itu menunjukkan cara mencegah dan mengobati covid-19. Caranya dengan mengoleskan kayu putih pada tisu lalu dimasukkan hidung.

Cara itu diklaim ampuh untuk mengeluarkan virus corona covid-19. Selain itu cara tersebut juga diklaim bisa mencegah virus corona covid- 19 asal dilakukan dua kali sehari waktu siang dan malam hari.

Lalu benarkah klaim dalam video tersebut yang mengatakan gurah minyak kayu putih bisa menyembuhkan dan mencegah covid-19?

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan menghubungi dr. Adam Prabata yang saat ini juga sedang menempuh PhD Candidate Medical Science di Kobe University. Dia menjelaskan minyak kayu putih belum terbukti bisa menyembuhkan atau mencegah covid-19.

"Sejauh ini belum ada bukti ilmiah kalau minyak kayu putih, menggunakan metode apapun, seperti dioles di badan, di masker, ataupun gurah, bisa mencegah atau menyembuhkan covid-19," ujar dr Adam saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (11/9/2020).

"Penelitian soal minyak kayu putih (eucalyptus) baru tahap in silico atau simulasi komputer dan itu masih jauh sekali untuk diterapkan ke manusia. Jadi tidak bisa diklaim kalau minyak kayu putih bisa mencegah atau menyembuhkan Covid-19."

Ia juga menjelaskan bahaya penggunaan minyak kayu putih yang berlebihan. "Beberapa kasus ada yang meminum minyak kayu putih dan itu bisa menyebabkan keracunan, kalau ringan ada rasa terbakar di mulut. hidung, nyeri perut, dan muntah, kalau berat bisa sampai kejang."

Liputan6.com juga menghubungi dr. Rosa Putrie Anindya, Sp.THT-KL, dia menegaskan gurah minyak kayu putih tidak bisa menyembuhkan atau menangkal virus corona covid-19.

"Virus covid-19 tidak bakal mati dengan cara seperti itu. Justru bisa mengiritasi hidung, apalagi memakai tisu yang digulung bisa melukai selaput lendir atau mukosa hidung dan menjadi mimisan," ujarnya.

"Semua yang diklaim obat untuk covid-19 atau penangkalnya harus lewat uji klinis dulu, tidak bisa berdasar pengalaman saja," katanya menambahkan.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut gurah minyak kayu putih bisa bisa menyembuhkan dan mencegah covid-19 adalah tidak benar. Belum ada uji klinis pada minyak kayu putih bisa menyembuhkan atau menangkal virus corona covid-19.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.