Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Peta Penyebaran Covid-19 di Jakarta Berwarna Hitam dan Merah

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim peta penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Bayu Tri Sulistyo pada 9 September 2020.

Dalam foto tersebut tampak beberapa daerah berwarna hitam dan merah. Akun Facebook Bayu Tri Sulistyo kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya.

"BUSET

note: gua dapet ini dari grup WhatsAppuntuk update peta persebaran COVID-19 di Jakarta bisa dicek di link ini:

https://corona.jakarta.go.id/id/peta-persebaran," tulis akun Facebook Bayu Tri Sulistyo.

Foto peta penyebaran Covid-19 di Jakarta yang diunggah akun Facebook Bayu Tri Sulistyo telah 879 kali dibagikan dan mendapat 107 komentar warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim peta penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Lies Dwi Oktavia.

Lies Dwi memastikan bahwa foto peta penyebaran Covid-19 di Jakarta yang viral di media sosial itu bukan berasal dari Pemprov DKI Jakarta.

"Kalau yang dibuat DKI ada di situs resmi saja," kata Lies Dwi kepada Liputan6.com, Jumat (11/9/2020).

Liputan6.com juga melihat peta sebaran Covid-19 di DKI Jakarta di situs corona.jakarta.go.id. Namun peta tersebut tidak berwarna hitam dan merah, melainkan berwarna biru.

Gambar Tangkapan Layar Foto Sebaran Covid-19 di DKI Jakarta (Sumber: corona.jakarta.go.id)

Sementara kasus aktif Covid-19 di DKI Jakarta mencapat 11.696 orang. 4.728 pasien di antaranya dirawat, 6.968 lainnya diisolasi mandiri.Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh berjumlah 38.226 dan meninggal 1.365 orang.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim peta penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta berwarna merah dan hitam ternyata tidak benar. Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Lies Dwi Oktavia memastikan bahwa foto tersebut bukan berasal dari Pemprov DKI Jakarta.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.