Sukses

Cek Fakta: Hoaks Boneka Annabelle Kabur dari Museum

Faktanya, Annabelle Wallis, pemeran Annabelle, menceritakan skenario terbaru dalam film boneka seram itu yang salah diartikan oleh netizen.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa hari terakhir, media sosial Facebook diramaikan dengan cerita boneka Annabelle yang disebut kabur dari Museum Warren. Melalui CrowdTangle, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun Facebook yang mengunggah cerita itu, yakni RTN dan Small Screen.

Begini narasi yang ada di akun Small Screen, menceritakan tentang boneka Annabelle:

"Ketika Anda berpikir 2020 tidak mungkin menjadi buruk lagi, Annabelle sudah melarikan diri dari Museum Warrens."

Unggahan tersebut sudah dibagikan sebanyak 22 kali dan mendapat 12 komentar serta 13 respons dari warga Facebook.

Lalu, benarkah Annabelle bisa kabur dari Museum Warrens seperti yang ramai diceritakan oleh Facebook?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mendapatkan artikel dari Antara dengan judul: 'Hoaks, boneka Annabelle kabur dari Museum Warren Occult". Berita itu menjadi bantahan dari cerita yang ramai di Facebook.

Dalam artikelnya, Antara mengambil penjelasan dari situs pemeriksa fakta Snopes yang melaporkan kabar tentang boneka Annabelle sudah kabur itu adalah informasi palsu atau hoaks.

Rumor tentang boneka Annabelle yang kabur muncul setelah media The Hollywood Reporter mempublikasikan wawancara dengan aktris Annabelle Wallis yang memerankan tokoh Mia dalam film "Annabelle".

Namun dalam wawancara itu, Wallis membahas film terbarunya yang berjudul "The Silencing". Wallis juga sempat mengucapkan kata "kabur" dalam wawancara itu.

Publikasi wawancara itu lantas beredar di situs-situs media sosial berbahasa Mandarin. Hanya saja, berita tentang Wallis yang kabur itu telah disalahartikan dengan boneka Annabelle yang melarikan diri.

Untuk memperkuat bantahan ini, Tim Cek Fakta Antara juga menelusuri halaman Wikipedia berbahasa Inggris yang menjelaskan tentang boneka Annabelle, tampak halaman itu diperbarui pada 15 Agustus 2020, pukul 12.03 UTC atau 19.03 WIB. Dengan demikian, suntingan yang menyebut boneka supranatural itu kabur dari Museum The Warrens' Occult sudah tidak tampak lagi.

Tim Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel di Newsweek dengan judul: "No, Annabelle the Haunted Doll Did Not Escape From the Warrens' Occult Museum".

Artikel itu mengupas soal rumor boneka Annabelle muncul setelah media The Hollywood Reporter mempublikasikan wawancara dengan aktris Annabelle Wallis yang memerankan tokoh Mia dalam film 'Annabelle'. Namun dalam wawancara itu, Wallis membahas film terbarunya yang berjudul 'The Silencing'.

Wallis juga sempat mengucapkan kata 'kabur' dalam wawancara itu. Publikasi wawancara itu lantas beredar di situs-situs media sosial berbahasa Mandarin. Hanya saja, berita tentang Wallis yang kabur itu telah disalahartikan dengan boneka Annabelle yang melarikan diri.

Tim juga menemukan artikel di Liputan6.com dengan judul: 'Geger Boneka Annabelle Kabur dari Museum, Ini Fakta Sebenarnya'. Artikel tersebut ada di kanal Showbiz dan sudah tayang pada 16 Agustus 2020.

Artikel itu mengambil penjelasan dari Tony Spera yang membuat sebuah video singkat yang ia bagikan di akun YouTube Ed and Lorraine Warren Channel, pada Jumat (14/8/2020) lalu. Ia tampak berada langsung di museum, yang tampak temaram dalam sinar lampu kemerahan.

"Aku di sini untuk memberi tahu sesuatu. Aku tak tahu apakah kamu ingin mendengar ini atau tidak, tapi Annabelle tidak kabur," tuturnya.

"Annabelle hidup - eh, harusnya aku tidak mengatakannya hidup. Annabelle di sini, seutuhnya. Dia tak pernah meninggalkan museum," kata Tony Spera, sambil memperlihatkan boneka asli Annabelle yang disimpan di dalam lemari kaca.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebut boneka Annabelle kabur dari sebuah museum adalah hoaks. Faktanya, Annabelle Wallis, pemeran Annabelle, menceritakan skenario terbaru dalam film boneka seram itu yang salah diartikan oleh netizen. Mengenai video yang beredar di netizen, video tersebut sudah didukung teknologi tinggi.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini