Sukses

Cek Fakta: Hoaks Vaksin Flu Spanyol Membunuh 50 Juta Orang

Dalam artikelnya AAP merunut pada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS) yang pernah menulis soal sejarah flu Spanyol.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar foto viral di Facebook setelah ramai pemberitaan soal calon vaksin virus corona covid-19. Kali ini foto tersebut mengaitkan vaksin dengan flu Spanyol.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah Sheila Lynch. Dia mengunggah foto tersebut pada Selasa (14/7/2020).

Dalam postingan tersebut terdapat gambar jarum suntik dan penampakan jenazah yang berjajar di sebuah ruangan. Selain itu gambar juga disertai narasi:

"The 1918 Spanish Flu did not kill 50.000.000 people! vaccines that the govt forced them to take did and they are repeating the same pattern now."

"50 million dead from 1918 flu vaccine."

Lalu benarkah vaksin flu Spanyol membunuh 50 juta orang?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengetikkan kata kunci "spanish flu vaccine killed" di mesin pencarian Google.

Hasilnya ada artikel yang membahas soal vaksin flu Spanyol ini. Seperti dari lembaga pemeriksa fakta Australia, AAP Factcheck yang menulis artikel berjudul "Flu vaccine did not kill 50 million during the 1918 Spanish Flu."

Dalam artikelnya AAP merunut pada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS) yang pernah menulis soal sejarah flu Spanyol.

Kematian akibat pandemi ini menurut CDC adalah karena kegagalan untuk isolasi, karantina, social distancing. Serta kurangnya menjaga kebersihan dan penggunaan disinfektan.

Pada tahun 1918 belum ada vaksin flu, karena vaksin ini baru ditemukan pada tahun 1940 di Amerika Serikat.

Selain itu AAP Factcheck juga meminta penjelasan dari Dr Peter Hubbins, seorang sejarawan medis khususnya terkait flu Spanyol.

"Vaksin memang agak menyakitkan saat itu dan orang yang habis divaksin akan merasa tidak enak badan. Namun sangat salah jika disebutkan vaksin membunuh 50 juta orang di dunia," ujar Peter.

Sementara BBC Reality Check juga membahas flu Spanyol ini dalam artikelnya berjudul, "Coronavirus: False and misleading claims about vaccines debunked."

Isinya menjelaskan bahwa mengutip CDC, vaksin flu saat itu belum ditemukan. Selain itu mereka juga mengutip dari sejarawan dan juga penulis, Mark Honingsbaum yang menyebut "Saat itu tidak ada yang tahu bahwa influenza adalah virus."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Foto viral di Facebook yang menyebut vaksin flu Spanyol membunuh 50 juta orang adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.